Breaking News:

Berikut Berbagai Macam Penyakit yang Timbul di Musim Hujan, Terutama Waspada Demam Berdarah

Berikut berbagai macam penyakit yang muncul di musim penghujan. Apa saja? simak artikel ini sampai habis. 

Pixabay
Penyakit yang timbul di musim hujan 

TRIBUN-MEDAN.com - Berikut berbagai macam penyakit yang muncul di musim penghujan. Apa saja? simak artikel ini sampai habis. 

Pada pengujung tahun ini, Indonesia telah memasuki musim hujan. Musim hujan yang terjadi dengan intesitas sedang hingga tinggi. 

Biasanya, hujan kerap turun pada pagi hari dan berlanjut pada malam hari. 

Dengan kondisi seperti ini, berbagai macam penyakit bisa timbul. Apalagi, diperparah dengan banjir. Tentu menjadi wabah penyakit. 

Berikut kami rangkum dari kompas.com berbagai penyakit yang mucul saat musim hujan.

Epidemiolog Universita Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Citra Indirani telah mengingatkan selain waspada terhadap pandemi Covid-19 yang belum berakhir, ia juga meminta masyarakat untuk bersiap menghadapi sejumlah penyakit yang timbul di saat musim hujan.

Sejumlah warga melintasi banjir yang merendam di kawasan Jalan Sei Batang Hari, Medan, Selasa (23/11/2021). Hujan deras yang mengguyur selama dua jam, ditambah meluapnya saluran drainase menyebabkan sejulah akses jalan di Kota Medan terendam banjir.
Sejumlah warga melintasi banjir yang merendam di kawasan Jalan Sei Batang Hari, Medan, Selasa (23/11/2021). Hujan deras yang mengguyur selama dua jam, ditambah meluapnya saluran drainase menyebabkan sejulah akses jalan di Kota Medan terendam banjir. (TRIBUN MEDAN/DANIL SIREGAR)

Penyakit yang timbul saat musim hujan

Dikutip dari laman resmi UGM, Selasa (23/11/2021) salah satu penyakit yang kerap mengancam masyarakat kala musim hujan melanda adalah demam berdarah dengue (DBD).

"Ada potensi peningkatan kasus DBD saat musim hujan. Sebab ketika musim hujan terjadi peningkatan tempat perindukan nyamuk Aedes aegypti sehingga penularannya juga semakin tinggi," ungkap Citra.

Untuk itu penting melakukan upaya pencegahan yaitu 3M Plus.

Menurut Kemenkes, kegiatan tersebut meliputi menguras penampungan air, menutup penampungan air, dan yang terakhir mendaur ulang barang bekas yang berpotensi menjadi tempat berkembang biak nyamuk demam berdarah.

Berikut 7 Obat Diabetes Alami yang Ampuh Tekan Gula Darah Tinggi dan Cara Konsumsinya

Indonesia Urutan ke-5 Kasus Diabetes Tertinggi di Dunia: Ini Wilayah-wilayahnya dan Penyebab Utama

 
Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved