Breaking News:

Diberhentikan Sepihak, Buruh Laporkan Perusahaan Es Krim ke Disnaker Sumut

Kepala Disnaker Sumut, Baharuddin Siagian membenarkan adanya laporan karyawan distributor es krim yang sedang ditangani.

HO
Pabrik Perusahaan distributor es krim di Jalan Pulau Kangean Kim 1 No 1 Mabar Medan Deli. 

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN -Diduga menjadi korban pemutusan hubungan kerja (PHK) sepihak dengan modus dimutasi ke luar daerah, Khairul Qadri (28) melaporkan PT Bina Cipta Rasa Sejati ke Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Sumatera Utara (Sumut).

Warga Jalan KL Yos Sudarso Kelurahan Mabar Kecamatan Medan Deli ini merasa dirugikan sepihak karena tidak mendapatkan fasilitas saat hendak dimutasi ke Bireuen, Aceh.

"Awalnya saya menerima surat mutasi kerja cabang PT Bina Cipta Rasa Sejati ke Bireuen, Aceh tanggal 21 September 2021," ujarnya, Selasa (23/11/2021) lalu.

Baca juga: 5 Tips Memilih Buah Naga yang Baik, Tekanlah Bagian Batang Buahnya

Mendapatkan surat mutasi itu, dia menemui Manajer Operasional perusahaan bernama Yuliani untuk mempertanyakan fasilitas yang diperolehnya.

"Tanggal 25 September, saya mempertanyakan fasilitas apa saja yang diberikan perusahaan untuk saya. Hasilnya perusahaan hanya menyediakan untuk Karyawan saja, sedangkan keluarga tidak ditanggung," ungkapnya.

Kebijakan perusahaan itu, lanjutnya, tidak sesuai dengan aturan perundang-undangan ketenagakerjaan.

"Saya kan punya istri dan anak, masa tidak ditanggung. Kalau memang ada ditanggung perusahaan dengan menyediakan fasilitas yang layak, saya siap dan langsung berangkat hari ini juga. Tapi ini tidak, perusahaan mengaku tidak sanggup, hanya menyediakan mess untuk karyawan saja," ucap Irul, sapaan akrabnya.

Belum adanya kesepakatan dari perusahaan, dia mencoba untuk masuk kerja seperti biasanya. Namun, saat absensi (finger print) selama seminggu tidak ada lagi namanya sebagai karyawan.

"Saya tanyakan sama Bu Yuli itu, katanya absen saya sudah dipindahkan sesuai surat mutasi di Bireuen, Aceh. Terus saya bilang, kan belum ada kesepakatan, kenapa begitu," tuturnya.

Baca juga: DINIKAHI Bule, Artis Cantik Ini Menetap di Australia, Dulu Terkenal Istri Prabu Angling Dharma

Perusahaan distributor es krim yang berada di Jalan Pulau Kangean Kim 1 No 1 Mabar Medan Deli ini tetap tidak menyediakan fasilitas tempat tinggal yang layak bagi karyawan dimutasi ke luar daerah.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved