Breaking News:

Implementasi QRIS di Sumut Raih Penghargaan, Mampu Tembus 530.853 Merchant

Kepala BI KPw Sumut Soekowardojo mengungkapkan bahwa per 19 November 2021, pengguna QRIS di Sumut sudah lebih dari 100 persen.

Penulis: Kartika Sari | Editor: Ayu Prasandi
TRIBUN MEDAN/KARTIKA
Kepala BI KPw Sumut Soekowardojo saat melakukan foto bersama dengan para stakeholder dalam acara Pertemuan Tahunan Bank Indonesia di Hotel Adimulia, Rabu (24/11/2021).    

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Bank Indonesia Perwakilan Sumatera Utara menyebutkan jika saat ini elektronifikasi transaksi maupun di wilayah pemda tumbuh semakin baik di tahun 2021 ini. 

Kepala BI KPw Sumut Soekowardojo mengungkapkan bahwa per 19 November 2021, pengguna QRIS di Sumut sudah lebih dari 100 persen.

"Pencapaian program QRIS di Sumut tahun 2021 per 19 November ini sudah mencapai 530.853 merchant dengan persentase sebesar 109,11 persen," ungkap Soekowardojo dalam acara Pertemuan Tahunan Bank Indonesia Sumatera Utara di Hotel Adimulia, Rabu (24/11/2021).

"Apresiasi ini kami sampaikan kepada pemerintah provinsi Sumatera Utara yang meraih penghargaan Pemerintah Provinsi Terbaik Implementasi QRIS di Sumut," lanjutnya.

Untuk meningkatkan pertumbuhan QRIS ini, BI Sumut juga melakukan program pengembangan serta implementasi digitalisasi UMKM seperti literasi digital, penggunaan e-commerce, penggunaan QRIS, dan pemberdayaan ekonomi pesantren.

Baca juga: Upah Minimum Kota Siantar Cuma Naik Rp 30 Ribu, Segini Besarannya yang Diusulkan

Sementara itu, dalam penguatan kelembagaan dalam rangka perluasan elektronifikasi, saat ini sudah terbentuk 32 dari 34 Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) di Sumut.

Percepatan ini dilakukan dalam mengikuti kebijakan peraturan menteri dalam negeri No.56 Tahun 2021 tentang TP2DD Provinsi dan Kabupaten Kota serta tata cara implementasi ETPD.

"Monitoring dan evaluasi terhadap perluasan implementasi terus kita lakukan agar tersedia ekosistem digital yang mumpuni di daerah," ucapnya.

Penggunaan sistem nontunai secara aktif dan elektronifikasi transaksi Pemda akan terus ditingkatkan dalam wadah koordinasi TP2DD.

(cr13/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved