Breaking News:

Kendaraan Listrik Bisa Isi Ulang Kapan Saja

PLN UIW Sumatera Utara sudah menyediakan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) pertama di kota Medan.

Penulis: Kartika Sari | Editor: Eti Wahyuni
TRIBUN MEDAN/DANIL SIREGAR
Model berpose di samping mobil listrik pabrikan DFSK di acara pembukaan GIIAS, di Hotel Santika Dyandra, Medan, Rabu beberapa waktu lalu. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN -  Akselerasi penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) kini semakin didukung pemerintah demi menekan emisi gas buang dari kendaraan bermesin bakar.

Hal ini juga menjadi Komitmen PLN untuk tetap mendukung program pemerintah dalam penggunaan kendaraan dengan energi ramah lingkungan secara masif.

Kini memiliki kendaraan listrik tidak perlu bingung mau isi baterai di mana, PLN UIW Sumatera Utara sudah menyediakan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) pertama di kota Medan.

"Saat ini sudah terdapat satu SPKLU di Kota Medan, lokasi SPKLU pertama kami buka di PLN ULP Medan Kota yang terletak di Jalan Listrik No 8, Kota Medan. Kami akan segera mengoperasikan beberapa SPKLU di lokasi strategis lainnya," ungkap ujar General Manager PLN UIW Sumatera Utara, Pandapotan Manurung, Rabu (24/11/2021).

Baca juga: Penjualan Mobil Listrik Naik Signifikan Dua Tahun Terakhir, Kemenhub Terbitkan 7.526 SRUT

"Dalam hal ini PLN membuka peluang bisnis bagi yang berminat untuk berkolaborasi dengan penyediaan SPKLU, karena PLN sudah menyediakan skemanya," lanjutnya.

Sementara itu, untuk memudahkan para pemilik kendaraan listrik, PLN juga sudah menyiapkan fitur Charge.IN.

 Fitur Charge.IN ini sebagai pendukung pada aplikasi PLN Mobile yang menampilkan informasi lokasi SPKLU terdekat dan tersedia, riwayat pembelian listrik pada saat pengisian, riwayat penggunaan listrik pada kendaraan dan memulai proses pengisian.

"Caranya gampang, masyarakat tinggal mengunjungi SPKLU terdekat, buka aplikasi PLN Mobile, pilih fitur Charge.IN. Kemudian pindai QR Code dan pilih jumlah kWh yang diinginkan, masukkan kabel konektor dan klik Start untuk memulai pengisian. Tapi sebelumnya harus sudah punya saldo di Link Aja dulu ya," pungkas Pandapotan.

Ada pun target SPKLU tahun 2021 ini sebanyak 572 unit dan SPBKLU 3.000 unit. Kemudian pada tahun 2025 ditargetkan ada 6.318 unit SPKLU dan 17.000 unit SPBKLU. Sementara di tahun 2030 naik jadi 31.859 unit SPKLU dan 67.000 unit SPBKLU.

SPBKLU merupakan stasiun penukaran baterai untuk sepeda motor listrik yang bisa menerapkan battery swap. Sehingga, pemilik motor listrik yang baterainya habis bisa menukar baterai tersebut dengan baterai baru yang sudah terisi penuh, pembeliannya sama seperti membeli air minum kemasan galon atau gas elpiji.

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved