Breaking News:

Koordinasi dengan Pemerintah Pusat, Pemprov Bakal Buka Lelang Jabatan Sekda Sumut

Masa jabatan Pj Sekda di suatu pemerintahan paling lama tiga bulan, dan hanya bisa diperpanjang sebanyak dua kali.

Penulis: Mustaqim Indra Jaya | Editor: Ayu Prasandi
TRIBUN MEDAN/MUSTAQIM INDRA JAYA
Kepala BKD Sumut Faisal Arif Nasution saat diwawancarai soal pembentukan Timsel Sekda Pemprov Sumut, Selasa (8/6/2021).(TRIBUN MEDAN/MUSTAQIM INDRA JAYA) 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatra Utara akan membuka lelang jabatan untuk posisi Sekretaris Daerah (Sekda) Sumut paling lama Desember 2021 mendatang.

Hal itu diperkuat dengan koordinasi yang tengah dilakukan Badan Kepala Daerah (BKD) Sekretariat Daerah (Setda) Sumut dengan Pemerintah Pusat di Jakarta.

Baca juga: Pemko Usul UMK Siantar Rp 2,5 Juta, Hanya Naik Rp 30 Ribu

"Ini sekarang BKD lagi di Jakarta untuk urusan lelang Sekdaprov kita. Doakan semoga semuanya berjalan lancar," kata Ketua Komisi A DPRD Sumut, Hendro Susanto, Rabu (24/11/2021).

Hendro menjelaskan lelang jabatan Pimpinan Tinggi Madya harus segera dilakukan, mengingat Gubernur Sumut telah dua kali memperpanjang status Afifi Lubis sebagai Penjabat (Pj) Sekda Sumut.

Ia menyebutkan, masa jabatan Pj Sekda di suatu pemerintahan paling lama tiga bulan, dan hanya bisa diperpanjang sebanyak dua kali.

"Hal ini terus kami kawal dan koordinasikan dengan Pak Faisal selaku kepala BKD, sebab sangat tidak baik jika banyak pejabat kita berstatus pelaksana tugas," ucapnya.

Kepala BKD Sumut, Faisal Arif Nasution membenarkan sedang berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat membahas soal lelang jabatan Sekda Sumut.

Baca juga: Warga yang Menduduki Lahan PT LNK Segera Digusur, Ondim: Ketegasan Diperlukan untuk Jadi Contoh

Rencananya, hasil dari koordinasi tersebut akan dilaporkan kepada Gubernur Edy Rahmayadi, selanjutnya meminta petunjuk untuk menentukan jadwal pelaksanaan tahapan lelang Jabatan Eselon I Pemprov Sumut tersebut.

"Segera, mudah-mudahan akhir November atau awal Desember," ungkap Faisal.

Diketahui usai R Sabrina pensiun pada 31 Mei 2021, Gubernur Edy kemudian menunjuk Sekretaris DPRD Sumut, Afifi Lubis sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Sekda Sumut sejak 1 Juni 2021.

Lalu pada 25 Juni 2021, Afifi dilantik oleh Gubernur Edy menjadi Penjabat (Pj) Sekda Sumut.

(ind/tribun-medan.com)
 

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved