Breaking News:

Musa Rajekshah Menghadiri Seminar Moderasi Beragama UINSU: Terpenting Keimanan

Rumah Moderasi Beragama Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara, menggelar seminar moderasi beragama di Hotel Royal Suite Condotel, Medan

Editor: jefrisusetio
istimewa
Rumah Moderasi Beragama Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara, menggelar seminar moderasi beragama di Hotel Royal Suite Condotel, Medan 

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN- Rumah Moderasi Beragama Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara, menggelar seminar moderasi beragama di Hotel Royal Suite Condotel, Medan, Selasa (24/11/2021).

Adapun, tema seminar nilai-nilai kerahmatan dalam membangun moderasi beragama

Wakil Gubernur Sumatera Utara, Musa Rajekshah mengatakan, penekanan keimanan yang ditanamkan sejak dini. Apalagi, semua agama mengajarkan umatnya untuk kasih sayang dan bertaqwa terhadap Tuhan yang maha esa. 

"Ilmu itu sangat penting agar potensi alam dan negara ini secara keilmuan kita mampu mengimbangi dengan negara-negara lain, serta mental agar punya keberanian mengatakan yang benar itu benar. Tapi dari semua itu yang terpenting adalah keimanan. Karena ilmu tinggi, mental baik tapi tanpa keimanan, maka akan menjadi orang merugi," ujarnya. 

Ia menambahkan, moderasi beragama merupakan harmonisasi umat beragama sehingga penting mengingatkan generasi muda untuk menjaga kesatuan bangsa. 

"Negara ini begitu besarnya dengan beragam agama dengan suku. Untuk konflik agama sangat sensitif dan akan berkepanjangan serta suatu hal merugikan dan sangat tidak baik. Hal ini juga harus lah memberi pemahaman pada seluruh generasi muda dan umat beragama bahwa dalam keyakinan beragama tidak memaksakan keyakinan kita kepada orang lain," katanya.

Menurutnya, pendidikan agama diajarkan saat anak-anak masih bersekolah. 

"Tapi menurut saya tidak kalah penting mewaspadai narkoba karena dapat menyebabkan kelabilan jiwa dan terganggu nya ekonomi. Kemudian juga LGBT yang kurang terpublis sehingga dianggap hal biasa," tegasnya.

Sebelumnya Rektor UINSU, Prof Dr Syahrin Harahap, MA bilang, negara Indonesia merupakan negara moderasi beragama meski istilah ini jarang digunakan.

Padahal dari pesan terkandung dalam sila-sila di Pancasila itu tergambarkan titik temu bangsa dan istilah teknis itu disebut moderasi beragama.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved