Breaking News:

Banjir di Medan

PKS Singgung Janji Pilkada Bobby Nasution Soal Penanganan Banjir di Medan

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyinggung janji Bobby Nasution soal penanganan banjir saat Pilkada

Penulis: Rechtin Hani Ritonga | Editor: Array A Argus
TRIBUN MEDAN/RECHTIN HANI RITONGA
Jalan Stasiun Kereta Api, Kelurahan Kesawan, Kecamatan Medan Barat tampak terendam air usai hujan deras yang melanda sebagian wilayah Kota Medan pada Selasa (23/11/2021) malam. 

TRIBUN-MEDAN.COM,MEDAN - Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPRD Kota Medan, Rudiawan Sitorus menyinggung soal janji kampanye Bobby Nasution soal banjir ketika Pilkada beberapa waktu lalu. 

Rudiawan mengatakan, masyarakat berharap Wali Kota Medan, Bobby Nasution bisa menuntaskan masalah banjir. 

"Yang pertama, kenapa hari ini persoalan banjir kota Medan viral di media sosial, itu karena warga sangat berharap sekali dengan apa yang disampaikan Wali Kota Medan saat kampanye yang berjanji akan menyelesaikan persoalan banjir," ucap Rudiawan Sitorus, Rabu (24/11/2021).

Baca juga: Wali Murid SDN 064979 Ngeluh Sekolah Kebanjiran, Siswa Diliburkan Mendadak

Anggota Komisi III DPRD Medan ini menilai, kampanye kolaborasi yang sering diumbar Wali Kota Bobby Nasution harus lebih cepat dieksekusi.

Terkhusus dalam persoalan pengerukan sungai-sungai di Kota Medan sebagai pendukung tata kelola drainase.

"Masalah banjir ini tentunya masalah drainase yang muaranya ke sungai-sungai yang ada di Medan. Kita tentunya mengharapkan agar Wali Kota Medan lebih keras lagi untuk menekan pemerintah pusat dalam hal ini Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera I dalam upaya melakukan normalisasi 12 sungai yang melintas di Kota Medan," jelasnya.

Menurutnya, normalisasi sungai harus menjadi prioritas untuk menyelesaikan persoalan selanjutnya terkait drainase drainase yang terhubung ke sungai.

Baca juga: Edy Rahmayadi Komentari Banjir di Medan Hingga Singgung Nama Bobby Nasution dan Solusi Kedepan

Rudiawan menuturkan tak jarang pihaknya mendapatkan laporan warga terkait permasalahan drainase.

"Kita sering mendapat laporan warga, drainasenya bagus tapi tidak terhubung ke sungai. Ada juga saluran ke sungainnya bagus tapi kondisi drainasenya tak sesuai," ungkapnya.

Persoalan selanjutnya, terang Rudiawan adalah drainase di tengah kota dan di lingkungan warga yang dikerjakan dengan tidak memperhatikan konsep.

Baca juga: Banjir Merendam Sejumlah Wilayah di Kota Medan, Wali Kota Bobby Minta Maaf

"Hari ini banyak jalan dicor, sementara drainase masih belum memadai. Ini yang terjadi di beberapa lingkungan warga sehingga air di jalan yang dicor sangat deras mengalir ke rumah-rumah warga," katanya.

Pria yang juga menjabat sekretaris DPD PKS Kota Medan ini juga mengusulkan agar dibuat sumur resapan yang ada di pusat pusat Kota Medan.

"Banyak di beberapa kota kini membuat sumur resapan sebagai solusi awal mengendalikan debit air akibat derasnya hujan. Ini bisa jadi referensi juga untuk solusi banjir di pusat Kota Medan," ungkapnya.(cr14/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved