Breaking News:

WANTI-wanti Gubernur Edy, Aliansi Gerakan Rakyat Tutup TPL akan Tidur di Depan Kantor Gubernur

Kalau pak gubernur tidak hadir kami bersedia menunggu bahkan tidur di sini. Kami harapkan jawaban yang tidak mengambang

Penulis: Goklas Wisely | Editor: Randy P.F Hutagaol
TRIBUN MEDAN/GOKLAS WISELY
Hotman Siagian, salah satu massa aksi Aliansi Gerakan Rakyat Tutup PT. TPL menjelaskan akan tidur di depan kantor Gubernur Sumatera Utara bila tak didengarkan, Rabu (24/11/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Hotman Siagian, salah satu massa aksi Aliansi Gerakan Rakyat Tutup PT. TPL menjelaskan akan tidur di depan kantor Gubernur Sumatera Utara bila tak didengarkan, Rabu (24/11/2021).

"Kalau pak gubernur tidak hadir kami bersedia menunggu bahkan tidur di sini. Kami harapkan jawaban yang tidak mengambang," kata Hotman.

Hotman warga Desa Matio, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba. Dikatakan masyarakat adat yang demo saat ini dominan datang dari Tapanuli Raya yang merasakan kehadiran PT. TPL menyengsarakan rakyat.

"Utamanya petani. Sudah puluhan tahun penderitaan kami rasakan. Salah satunya perampasan ruang hidup kami yakni tanah adat," ujarnya.

"Selain itu juga kerusakan lingkungan yang justru diketahui pemerintah. Kami tidak hal itu berlanjut dan membahayakan masa depan," tambahnya.

Misalnya saja alih fungsi tanah dari Haminjon menjadi eukalipus yang ada di Desa Matio seluas 35 Ha. Dikatakan PT. TPL mulai merampas sejak tahun 1987.

Akibatnya, corak ekonomi masyarakat menjadi hilang dan indentitas adat yang melekat di tanah adat tersebut juga lambat laun tercerabut.

Pihaknya pun meminta tolong kepada Gubernur Sumut tidak mendiamkan persoalan tersebut. Dia dengan tegas juga agar Gubernur tidak menutup mata.

"Danau Toba yang begitu indah sekarang sudah hancur. Kami juga sudah merasakan. Utama soal sumber air minum," ujarnya.

"Di beberapa tempat di Tapanuli Raya itu terjadi. Sungai tang kecil menjadi hilang. Sungai yang besar mengecil. Itu yang terjadi," sambungnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved