Breaking News:

Warga yang Menduduki Lahan PT LNK Segera Digusur, Ondim: Ketegasan Diperlukan untuk Jadi Contoh

Pemerintah Kabupaten Langkat bersama PT Langkat Nusantara Kepong (LNK) melaksanakan rapat koordinasi land cearing (pembersihan lahan)

Editor: jefrisusetio
Istimewa
Pemerintah Kabupaten Langkat bersama PT Langkat Nusantara Kepong (LNK) melaksanakan rapat koordinasi land cearing (pembersihan lahan) 

TRIBUN-MEDAN.COM, STABAT- Pemerintah Kabupaten Langkat bersama PT Langkat Nusantara Kepong (LNK) melaksanakan rapat koordinasi land cearing (pembersihan lahan) di HGU PTPN-II, Kebun Bekiun.

Direktur SDM PT LNK, Suharto mengatakan, mereka berniat untuk melakukan pembersihan lahan HGU yang dikuasai masyarakat. Lahan itu seluas 256 hektar. 

Akan tetapi, proses pembersihan lahan dilakukan secara bertahap. "Tahap pertama seluas  57,39 hektar. Tahap kedua 137,8 hektar dan tahap ketiga 59,45 hektar," katanya saat rapat bersama Wakil Bupati Langkat, Syah Afandin

Ia menjelaskan, rencana eksekusi pembersihan lahan dimulai pada akhir November 2021. Sehingga, mereka akan mendirikan posko di wilayah dekat lahan. 

"Memulai pembersihan selalu dilakukan pendekatan yang baik kepada masyarakat. PT LNK juga memberikan taliasih ke masyarakat," ujarnya. 

Sedangkan, Wakil Bupati Langkat, Syah Afandin berharap PT LNK dan pihak terkait dapat menyelesaikan permasalahan lahan secara damai. Karena itu, ada solusi terbaik antara penggarap dan PT LNK di Kecamatan Kuala

"Kita sangat memberikan dorongan kepada semua pihak segera dilaksanakan. Karena sudah tertulis di adminitrasi yang ada. Atas nama pemerintah, sangat mendukung segera terselenggara pembersihan ini," sebutnya.

Pemkab juga akan menugaskan Satpol PP untuk turun langsung membantu berjalannya penertiban lahan HGU PT.LNK di Kecamatan Kuala.

"Ketegasan diperlukan, agar tidak menjadi contoh ditempat lainnya melakukan penggarapan lahan HGU," tandasnya. 

Tanggapan BPN Langkat. 

Kepala BPN Langkat, Fahrul menyatakan, sudah dilaksanakan floting masyarakat yang mendirikan bangunan yang berada di HGU PT LNK/PTPN-II di Kecamatan Kuala, Kabupaten Langkat. 

Diketahui, pembersihan ini juga akan dibantu personil dari Polres Langkat, Batalyon A Brimob Binjai, Yonif Raider 100/PS dan Yonif 8 Marinir Takahan Lagan. 

(*)  

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved