Breaking News:

News Video

Bea Cukai Teluknibung Amankan 850 Bal Pakaian Bekas Seharga Rp 3,4 Miliar

Dari dalam kapal, terdapat enam orang awak kapal. MRT (Tekong), S, B, I, J, dan S. Dimana masing-masing berperan sebagai anak buah kapal (ABK) yang

Penulis: Alif Al Qadri Harahap | Editor: heryanto

Bea Cukai Teluknibung Amankan 850 Bal Pakaian Bekas Seharga Rp 3,4 Miliar

TRIBUN-MEDAN.COM, TANJUNGBALAI - Bea dan Cukai Teluknibung mengamankan 850 bal pakaian bekas dari luar Indonesia menggunakan kapal motor KM Hesnitha 1 GT 29 no PPf 5527/L.

Musliadi, Kasi Penindakan dan Penyidikan (P2) mengatakan kejadian tersebut pada 18 November 2021 lalu, dimana 850 bal ini di perikanan mencapai Rp 3,4 M.

"Kami mengamankan 850 bal asal Malaysia dengan barang diperkirakan mencapai Rp 3,4 miliar," ujar Musliadi, Kamis(25/11/2021).

Ia mengatakan, dalam hal tersebut, Bea dan Cukai Teluknibung mendapatkan informasi terkait adanya masuk barang bekas ke dalam wilayah kerja Bea dan Cukai Teluknibung.

"Pertama tim Intelejen dan Penindakan kanwil Sumut menginformasikan bahwa akan ada kegiatan bongkar muat pakaian bekas, yang diduga berasal dari Malaysia. Bongkar muat tersebut dilakukan di wilayah kerja Bea dan Cukai Teluknibung, itu masuk melalui Sungai Baru, Sungai Asahan, dan Sungai Sembilang," katanya.

Selanjutnya, akibat mendapatkan informasi tersebut, petugas melakukan patroli, dimana patroli laut tersebut dilakukan dengan tim gabungan dengan Kanwilsus Kepri.

"Saat dilakukan penyisiran, Tim Gabungan berhasil menemukan KM Hesnitha - 1 di sekitar perairan Sei Sembilang, Kabupaten Asahan. Sehingga dilakukanlah pemeriksaan dan penindakan," katanya.

Dari dalam kapal, terdapat enam orang awak kapal. MRT (Tekong), S, B, I, J, dan S. Dimana masing-masing berperan sebagai anak buah kapal (ABK) yang mengangkut barang bekas (balpres) tersebut.

"Enam orang awak kapal yang mengangkut 850 balpres ini, diketahui milik seorang berinisial C yang merupakan warga Malaysia," katanya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved