Breaking News:

News Video

Kepala BIN Sumut Bawa 1000 Dosis Vaksin Didistribusikan Door to door ke Siantar

Kepala Badan Intelijen Negara Daerah (Kabinda) Sumut Brigjen TNI Asep Jauhari Puja Laksana memantau pemberian vaksin terhadap pelajar

Penulis: Alija Magribi | Editor: Risky Cahyadi

TRIBUN-MEDAN.com, SIANTAR - Kepala Badan Intelijen Negara Daerah (Kabinda) Sumut Brigjen TNI Asep Jauhari Puja Laksana memantau pemberian vaksin terhadap pelajar dan warga lanjut usia (lansia) di Kota Pematangsiantar, Kamis (25/11/2021) siang.

Khusus kepada pelajar, vaksinasi dilakukan di SMP Negeri 2 Jalan Kartini Pematangsiantar dan untuk lansia, vaksin dilaksanakan di RT 08, Kelurahan Pematang Marihat, kecamatan Siantar Marimbun, kota Pematangsiantar.

Kabinda Brigjen Asep menyampaikan vaksinasi yang dilakukan di Siantar adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan BIN Sumut.

"Untuk hari ini di Kota Pematangsiantar, dengan harapan kendati telah mencapai herd immunity, tetapi kita tetap menyisir kepada masyarakat yang ingin divaksin. Kita jha vaksin kepada pelajar. Hari ini kita membawa vaksin 1000 dosis," katanya.

Brigjen Asep menyampaikan agar masyarakat yang telah menerima vaksin jangan terlena mengabaikan protokol kesehatan.

"Harapan kita, sesuai arahan Presiden Jokowi agar tercapai herd immunity maka mayoritas masyarakat sudah divaksin. Namun walaupun sudah divaksin, kita harus tetap menjaga protokol kesehatan. Paling utama memakai masker," kata Kabinda.

Kabinda menjelaskan bahwa kedatangan pihaknya ke lingkungan ini, khususnya untuk memfasilitasi vaksin bagi para lansia di rumahnya sendiri.

"Seperti kita tahu, para lansia ini tinggal di tengah-tengah keluarga, anak dan cucunya beraktifitas di luar rumah yang rentan membawa virus dari luar. Hal ini harus kita cegah jangan sampai orangtua kita yang lanjut usia ini tidak punya imun untuk melawan Covid-19," tutur Kabinda.

Menambahi keterangan Kabinda, Wali Kota Pematangsiantar, Hefriansyah Noor menyampaikan capaian vaksinasi di Kota Pematangsiantar sudah berada pada level 76 persen untuk vaksin pertama.

"Lansia kita sudah hampir 60 persen, pelajar udah semua, hanya yang 12 tahun ke bawah. Kalau melihat kondisi itu selayaknya Kota Pematangsiantar berada di level I PPKM," ujar Hefriansyah.

Ia pun berterima kasih atas partisipasi yang diberikan BIN Sumut untuk mendistribusikan vaksin kepada masyarakat Kota Pematangsiantar.

Hefriansyah juga menginstruksikan Dinas Kesehatan dan jajaran untuk memberi prioritas vaksin kepada warga yang lansia lainnya secara door to door dari satu lingkungan ke lingkungan yang lain.

Nandra Manurung, nenek berusia 71 tahun, menunjukkan kegembiraannya saat bisa divaksin di rumahnya. Walau tak bisa berkata banyak, raut wajah nenek yang tinggal bersama anak dan cucunya ini tampak senang.

"Terimakasih Bapak sudah bawa vaksin ke tempat kami, tutur wanita yang juga diberikan bantuan sembako tersebut.

(alj/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved