Breaking News:

Penghancuran Rumah Eks PTPN II

Rumah Pensiunan PTPN II Dibongkar, Warga Akan Tidur di Rumah Dinas Gubsu, Ini Penjelasan LBH Medan

M. Alinafiah Matondang menjelaskan kejadian ini kali keempat upaya dari PTPN II untuk melakukan penggusuran paksa perumahan pensiunan.

Penulis: Goklas Wisely | Editor: Ade Saputra

Rumah Pensiunan PTPN II Dibongkar, Warga Akan Tidur di Rumah Dinas Gubsu, Ini Penjelasan LBH Medan

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Rumah pensiunan Eks PTPN II dibongkar paksa oleh aparat keamanan, di Jalan Melati dan Jalan Karya, Desa Helvetia, Kecamatan Labuhan Deli, Kamis (25/11/2021).

Ketua Divisi Sumber Daya Alam, LBH Medan, M. Alinafiah Matondang menjelaskan kejadian ini kali keempat upaya dari PTPN II untuk melakukan penggusuran paksa perumahan pensiunan.

Ada empat rumah para pensiunan yang digusur hari ini.

"Sejak pukul 08.00 WIB dikatakan pihak keamanan sudah berkumpul yang terdiri dari personil TNI, Satpol PP, kepolisian, security PTPN II, serta pemerintahan Kabupaten," katanya kepada Tribun Medan.

Dikatakan sampai saat ini belum ada penyelesaian yang adil terhadap para pensiunan. Pertama soal penjelasan status lahan serta nasib pensiunan setelah dibongkar paksa.

Dijelaskan tindakan pembongkaran rumah pensiunan adalah upaya paksa tanpa ada putusan pengadilan dari PTPN II yang akan menggunakan lahan ini bekerjasama dengan PT Ciputra untuk pembangunan perumahan elite Deli Megapolitan.

Tindakan ke depan pihaknya akan minta persetujuan kepada para pensiunan untuk menginap di rumah dinas gubernur Sumut, Edy Rahmayadi.

Ali katakan, Gubernur Sumut akan diminta pertanggungjawabannya sebagai kepala daerah. Sebab kejadian tersebut tidak mungkin bergulir bila ada peran kuat dari gubernur untuk menyelesaikannya.

"Kami rasakan tidak ada inisiatif dari gubernur Sumut untuk melakukan mediasi," ujarnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved