Breaking News:

News Video

Tinjau Banjir Tengah Malam, Ini Cara Wali Kota Bobby Atasi Banjir di Medan Usai 3 Hari Rendam Kota

Wali Kota Medan Bobby Nasution menyampaikan rencana pembuatan kolam retensi di sejumlah titik untuk mengatasi banjir di Kota Medan

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Wali Kota Medan Bobby Nasution menyampaikan rencana pembuatan kolam retensi di sejumlah titik untuk mengatasi banjir di Kota Medan.

Bobby menyebutkan, dari hasil tinjauannya di Kecamatan Medan Selayang pada Rabu (24/11/2021) lalu, pihaknya menemukan beberapa titik yang bisa dibangun kolam retensi.

"Kita juga membicarakan debit air masuk ke sungai, menjadi bahan kemarin bagaimana mengatur debit air masuk ke sungai, kalau perlu kita buat kolam retensi, kita buat, ada saya lihat waktu meninjau tadi malam ada beberapa titik yang bisa dibuat kolam retensi," ujar Bobby saat ditemui, Kamis (25/11/2021).

Bobby menyampaikan, pembuatan kolam retensi bertujuan untuk mengendalikan debit air yang masuk ke dalam sungai saat sungai meluap.

"Saya sudah komunikasikan dengan camat, dengan perkim, dengan PU bisa bernegosi apakah bisa kita jadikan kolam retensi untuk sebelum masuk ke sungai. Karena kalau dari drainase langsung kita masukkan ke sungai sungainya meluap sama saja, jadi kita tampung dulu airnya," katanya.

Ia juga mengatakan perbaikan drainase di Kota Medan harus dilakukan dari hulu ke hilir. Sebab, terang Bobby, ada beberapa sungai yang hilirnya tidak berada di wilayah Kota Medan.

"Kalau perbaikan drainase ini harus dari hulu sampai dengan hilir. Ada sungai kita yang hilirnya bukan di Kota Medan. Jadi kita perbaiki drainase kita, kalau hilirnya tidak diperbaiki malah nambah banjir. Parit kita kita besarin misalnya, tapi parit di hilir tidak kita besarin, sama juga ngantrinya di situ," tuturnya.

Bobby menekankan, permasalahan banjir yang terjadi di Medan membutuhkan kerjasama berbagai pihak.

"Melihat beberapa permasalahan, drainase kita masih ada permasalahan jadi kita melihat itu untuk mencari solusinya. Ini sudah kita komunikasikan baik dengan kewilayahan (kecamatan dan kelurahan) dengan dinas PU, kita minta juga BWS untuk hadir di lokasi, ini kita kolaborasilah semuanya, melihat sumber-sumber masalahnya baik dari hulu sampai dengan hilirnya," pungkasnya.

(cr14/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved