Breaking News:

Pemkab Deliserdang Siapkan Strategi Agar UMKM di Daerahnya Naik Kelas

Pemkab Deliserdang berupaya agar Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bisa terus bangkit bahkan naik kelas meskipun masih dalam suasana pandemi.

Penulis: Indra Gunawan | Editor: Liston Damanik
TRIBUN MEDAN/INDRA GUNAWAN
Kadisperindag Deliserdang T Zaky Aufa dan Kadis Koperasi dan UK Rabiatul Adawiyah Lubis ketika menjadi narasumber dalam kegiatan talk show di P3UD Deliserdang Kamis, (25/11/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com, DELISERDANG - Pemkab Deliserdang berupaya agar Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bisa terus bangkit bahkan naik kelas meskipun masih dalam suasana pandemi.

Pada saat ini Dinas Koperasi dan UKM serta Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) pun sudah mempunyai jurus jitu agar pelaku UMKM kondisinya lebih baik lagi. Hal ini menjadi pembahasan dalam acara talk show dengan tema menuju UMKM Deliserdang naik kelas dan bermartabat di Gedung P3UD Tanjung Morawa yang dilakukan dan disiarkan secara langsung di media sosial oleh Tribun Medan Kamis, (25/11/2021). 

"Beragam kategori UMKM di Deliserdang ini mulai dari makanan, minuman, fashion, kerajinan tangan dan lain-lain. Yang diunggulkan tidak hanya yang makanan tapi juga fashion dan lainnya. Potensi untuk naik keras juga sangat banyak," ucap Kadis Koperasi dan UKM Deliserdang, Rabiatul Adawiyah yang sempat menjadi narasumber dalam acara talk show.

Rabiatul menjelaskan upaya optimal terus dilakukan untuk membantu pelaku usaha. Salah satunya adalah dengan melakukan pendampingan kepada UMKM. Selain itu juga dilakukan dan diberikan pelatihan agar bisa berkembang lebih baik lagi. Untuk yang tidak kalah penting pihaknya juga memfasilitasi untuk legalitasnya. 

"Tujuannya itu supaya pembeli nggak ada keraguan untuk mengkonsumsinya. Kita juga bekerjasama dengan Dinas Kesehatan termasuk dengan Dinas PTSP untuk berikan legalitas agar dipermudah,"ucap Rabiatul. 

Kadisperindag Deliserdang, Zaky Aufa menambahkan walaupun seperti adik dan abang namun ia memastikan kalau dalam pengembangan UMKM pihaknya tidak pernah timpang tindih dengan Dinas Koperasi dan UKM. Disebut untuk kelompok awal tetap dibina oleh Dinas Koperasi dan UKM sementara untuk selanjutnya begitu berhasil pihaknya yang akan melakukan pembinaan. 

"Untuk di bidang fashion ada batik dan tenun kita. Untuk ciri khas ada tandanya dengan khas daun serdang, daun sirih dan tarian serampang dua belas. Jadi kalau melihat gambar ini langsung ingat Deliserdang. Semua berpotensi naik kelas," kata Zaki. 

Mantan Camat Percut Seituan ini menambahkan sangat berterimakasih karena selam ini perhatian dari Bupati Deliserdang, Ashari Tambunan juga sangat kuat kepada pelaku UKM dan IKM. Adanya gedung Pusat Promosi Produk Unggulan Daerah (P3UD) di Tanjung Morawa juga karena gagasan Bupati. Di tempat ini tempat berkumpul pelaku UKM dan bisa menampilkan masing-masing produknya.

"Masa pandemi memang terasa berat tapi kita Enggak boleh nyerah. Kita tetap lakukan pembinaan dan melakukan kerjasama dengan marketplace supaya produknya mampu dipasarkan. Semua bisa naik kelas," kata Zaky.

Kegiatan talk shaw yang digelar Tribun Medan ini juga didukung oleh Stopcold. Saat itu hadir beberapa para pelaku UKM dari berbagai Kecamatan. Kegiatan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan. 

Satu orang pelaku UKM yang sudah naik kelas, Muhdi sempat berbagi pengalaman dalam kegiatan talk show yang dipandu oleh host Yuta ini. Muhdi menyebut sudah 21 tahun menjalankan bisnis yang bahan dasarnya adalah singkong. Kripik singkongnya kini pun sudah dipasarkan di dua negara seperti Malaysia dan Korea Selatan. 

"Kuncinya kita harus yakin dengan ilmu yang kita miliki. Kemudian juga harus sabar jangan cepat menyerah. Harus bisa juga berinovasi," kata Muhdi. 

Untuk penyemangat para pelaku UMKM saat itu juga dihadirkan motivator Dr Oki Regar yang berasal dari Lubukpakam dan sudah sampai ke Luar Negeri memberikan motivasi. Saat itu ia memberikan semangat dan cara agar bisa dari pedagang bisa naik kelas jadi pebisnis. Sekitar 30 menit berbicara, apa yang diucapkannya ini pun membuat para pelaku UKM menjadi semakin termotivasi. (dra/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved