Breaking News:

25 Persen Jalan di Sumut Rusak, Pemprov Targetkan Perbaikan 400 Kilometer Pada 2022

Disebutkan Bambang, kegiatan perbaikan jalan sebelumnya sempat tertunda lantaran adanya pandemi Covid-19. 

TRIBUN MEDAN/INDRA GUNAWAN SIPAHUTAR
Seorang pengendara sepeda motor mengelakkan ban bekas yang diletakkan di tengah jalan berlubang di Jalinsum kawasan Tanjung Morawa Rabu, (10/11/2021).(TRIBUN MEDAN/INDRA GUNAWAN SIPAHUTAR) 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Kepala Dinas (Kadis) Bina Marga Bina Konstruksi (BMBK) Sumatra Utara, Bambang Pardede mengungkapkan bahwa berdasarkan survei kondisi jalan provinsi yang dalam keadaan tak mantap mencapai 25 persen.

Sehingga pihaknya akan mengejar perbaikan jalan dengan kondisi tak mantap itu pada tahun 2022. Adapun total panjang jalan provinsi di Sumut mencapai 3.005,65 kilometer. 

"Total jalan provinsi itu 3005,65 kilometer. Itu pemantapan kita secara survei itu 75,02 persen pemantapan. Artinya tidak mantap itu sekitar 25 persen atau 750 kilometer," kata Bambang, Sabtu (27/11/2021). 

Disebutkan Bambang, kegiatan perbaikan jalan sebelumnya sempat tertunda lantaran adanya pandemi Covid-19. 

Dan rencananya pada tahun depan, dari sekitar 750 kilometer jalan dengan kondisi tak mantap, maka akan dilakulan perbaikan jalan provinsi sepanjang 400 kilometer.

Dana perbaikan jalan tersebut akan ditampung dalam APBD tahun anggaran (TA) 2022.

"Tahun depan itu 400 kilometer, kita akan perbaiki, jadi salah satuhya jalan alternatif (Sibolangit-Tuntungan)," ungkapnya.

Bambang pun mengajak masyarakat agar turut berpartisipasi merawat kondosi jalan, sehingga daya tahannya lebih lama.

"Aspal itu musuhnya air, coba lihat jalan yang sering tergenang pasti kondisinya kurang baik. Ini yang menjadi purhatian kami, setelah perbaikan daya tahannya lebih lama," pungkasnya.

(ind/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved