Breaking News:

Materi Belajar Sekolah

Mengenal Fungsi dan Manfaat Pasar Modal di Indonesia, Instrumen Investasi Jangka Panjang

Pasar Modal memiliki manfaat bagi pelaku bisnis. Selain itu, keberadaan pasar modal dapat memberikan dampak pada ekonomi. 

Dok. Humas Bank Commonwealth
Kegiatan memantau pergerakan pasar modal Indonesia. Head of Wealth Management & Premier Banking Bank Commonwealth Ivan Jaya memperkirakan reksa dana masih menjadi favorit investor karena faktor kemudahan, jumlah minimal investasi yang terjangkau, serta pengelolaan investasi yang dilakukan oleh Manajer Investasi (MI). 

TRIBUN-MEDAN.com - Pasar Modal memiliki manfaat bagi pelaku bisnis. Selain itu, keberadaan pasar modal dapat memberikan dampak pada ekonomi. 

Pasar modal pada dasarnya menjadi pasar untuk berbagai instrumen keuangan jangka panjang yang bisa diperjualbelikan.

Dalam buku Ekonomi dan Kehidupan kelas 11 SMA terdapat satu soal dalam Uji Akademik di halaman 97.

Pada soal tersebut kita diminta untuk menjelaskan manfaat dari adanya pasar modal di Indonesia yang menjadi materi ekonomi kelas 11 SMA.

Dalam udang-undang pasar modal No. 8 tahun 1995, pasar modal merupakan kegiatan yang bersangkutan dengan penawaran umum dan perdagangan efek.

Pasar modal sendiri memberikan peran yang besar bagi perekonomian negara karena pasar modal memberikan dua fungsi, yaitu fungsi secara ekonomi dan keuangan.

Sebelum kita masuk ke pembahasan manfaat pasar modal, kita simak dulu penjelasan mengenai fungsi pasar modal berikut ini!

INVESTASI SAHAM - Pergerakan pasar modal terlihat melalui layar RTI Business di kantor Perwakilan Bursa Efek Indonesia Jatim di Surabaya, Rabu (10/6/2020).  Investasi melalui reksa dana saham dapat menjadi alternatif investasi yang bisa dilakukan dari rumah.
INVESTASI SAHAM - Pergerakan pasar modal terlihat melalui layar RTI Business di kantor Perwakilan Bursa Efek Indonesia Jatim di Surabaya, Rabu (10/6/2020). Investasi melalui reksa dana saham dapat menjadi alternatif investasi yang bisa dilakukan dari rumah. (TRIBUN MEDAN/HO)

Fungsi Pasar Modal

Hal ini tidak lepas dari fungsi pasar modal yang mencakup dua fungsi sekaligus, yaitu fungsi ekonomi dan fungsi keuangan.

1. Fungsi Ekonomi

Pasar modal memiliki fungsi ekonomi sebagai fasilitas atau wadah yang mempertemukan dua kepentingan.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved