Breaking News:

Polres Tanah Karo Lepas Personel Pengamanan Pilkades ke 11 Desa

Dari catatan yang ada, desa yang menyelenggarakan Pilkades ini ada sebanyak 11 desa.

TRIBUN MEDAN/ MUHAMMAD NASRUL
PERSONEL gabungan bersiap sebelum diberangkatkan menuju daerah tugas pengamanan Pilkades, di Mapolres Tanah Karo, Jalan Veteran, Kabanjahe, Senin (29/11/2021) sore. (TRIBUN MEDAN/Muhammad Nasrul) 

TRIBUN-MEDAN.com, KARO - Polres Tanah Karo melepas para personel yang akan bertugas dalam pengamanan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades), Senin (29/11/2021) sore. Pantauan Tribun-Medan, personel kepolisian yang terdiri dari berbagai satuan tampak berbasis di halaman Mapolres Tanah Karo sebelum diberangkatkan di lokasi tugas masing-masing.

Kapolres Tanah Karo AKBP Yustinus Setyo mengatakan, pelaksanaan Pilkades  akan dilangsungkan pada Selasa (30/11). Dari catatan yang ada, desa yang menyelenggarakan Pilkades ini ada sebanyak 11 desa.

"Hari ini kita melepas personel yang akan bertugas dalam pengamanan Pilkades. Di mana sebanyak 11 desa, ada 34 TPS dan 44 orang calon," ujar Yustinus.

Terkait personel yang diturunkan dalam pengamanan pemilihan enam tahun sekali ini, Yustinus menyebut, ada 737 personel yang merupakan gabungan dari Polri, TNI, Satpol-PP.

"Ada juga BKO dari Dalmas Polda Sumatera Utara, dan pasukan dari Brimob," ucapnya.

Dikatakannya, personel yang berjaga di setiap desa atau TPS ditempatkan sesuai kebutuhan. Namun, untuk personel yang berjaga di setiap TPS ada satu personel TNI dan satu personel Polri. Kemudian, di setiap TPS juga didukung oleh dua orang personel Linmas. Sedangkan untuk di desa, juga disiapkan personel sesuai dengan tingkat kerawanan dan luas dari desa itu sendiri.

"Jadi secara keseluruhan, untuk desa sesuai dengan penilaian klasifikasi rawan atau kurang rawan. Sehingga jumlah personelnya berbeda setiap desa," ungkapnya.

Baca juga: Polres Tanah Karo Lepas Personel Pengamanan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades)

Yustinus menambahkan, secara keseluruhan sistem patroli setiap desa tetap sama. Mulai dari patroli mulai dari menggunakan kendaraan roda dua, dan lainnya tetap disiagakan secara maksimal untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.“Kami berharap pelaksanaan Pilkades, seluruh masyarakat terlebih di kawasan yang melaksanakan pemilihan ini ikut menjaga keamanan. Apapun hasil yang didapat merupakan pilihan dari warga itu sendiri,” katanya.(cr4/Tribun-Medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved