Materi Belajar Sekolah

Berikut Pengertian Akutansi, Tujuan Akutansi dan Fungsi Akutansi dalam Perekonomian

Tahukah Anda tentang ilmu akutansi? Ilmu akutansi memiliki fungsi dalam perekonomian. Berikut ini penjelasan ekonomi. 

Ist
Berikut Pengertian Akutansi, Tujuan Akutansi dan Fungsi Akutansi dalam Perekonomian 

TRIBUN-MEDAN.com - Tahukah Anda tentang ilmu akutansi? Ilmu akutansi memiliki fungsi dalam perekonomian. Berikut ini pengertian akutansi

 Akuntansi merupakan sebuah informasi yang menjelaskan kondisi keuangan perusahaan kepada pihak-pihak yang membutuhkan laporan tersebut untuk segala jenis kegiatan dan juga untuk menentukan keputusan.

Sementara menurut buku Ekonomi untuk Sekolah Menengah Atas/ Madrasah Aliyah Kelas XI karya Agus Mahfudz dkk, pengertian akuntansi adalah suatu proses mengidentifikasi, mengukur, dan melaporkan informasi ekonomi untuk memungkinkan dilakukannya penilaian dan pengambilan keputusan secara jelas dan tegas bagi pihak-pihak yang menggunakan informasi keuangan tersebut.

Tujuan utama akuntansi adalah untuk menghasilkan atau menyajikan informasi ekonomi dari suatu kesatuan ekonomi kepada pihak-pihak yang berkepentingan.

Berdasarkan uraian di atas, pengertian akuntansi secara sederhana adalah kegiatan menyajikan informasi ekonomi kepada banyak pihak yang memerlukan.

Setiap rumah tangga konsumsi dan rumah tangga produksi memerlukan informasi keuangan untuk mencapai tujuan yang diharapkan, yaitu mencapai laba maksimal dengan pengorbanan tertentu.

Oleh karena itu, diperlukan cara pencatatan yang sistematis agar dapat menganalisis transaksi keuangan menjadi informasi ekonomi yang berguna.

 

Informasi akuntansi biasanya digunakan oleh investor, kreditor, pemerintah, karyawan, juga manajer atau pemimpin perusahaan.

Informasi tersebut berguna bagi mereka sebagai dasar pengambilan keputusan serta sebagai bukti pertanggungjawaban manajemen kepada pemilik, di samping bukti untuk mengetahui perkembangan perusahaan dari tahun ke tahun.

Dengan demikian, manfaat akuntansi adalah untuk mendapatkan informasi keuangan perusahaan, untuk bukti pertanggungjawaban manajemen kepada pemili dan untuk mengetahui perkembangan suatu perusahaan.

Baca juga: Lima Jenis Lembaga Sosial: Lembaga Keluarga, Agama, Ekonomi, Pendidikan, dan Lembaga Politik

Baca juga: Materi Belajar Ekonomi Kelas 10: Ekonomi Mikro dan Ekonomi Makro serta Permasalahannya

Jenis-jenis Inflasi
Jenis-jenis Inflasi (Pixabay)

Fungsi Akuntansi

  • Rekaman Laporan

Akuntansi berfungsi untuk menjadi sebuah rekaman laporan yang mencatat atau merekam transaksi secara sistemasis dan kronologis.

  • Menjaga dan Melindungi Properti

Akuntansi berfungsi untuk menghitung jumlah realitas dari penyusutan aset yang dimiliki suatu perusahaanya secara nyata.

  • Meeting Legal

Akuntansi berfungsi untuk merancang dan mengembangkan sistem seperti menjaga catatan dan pelaporan hasil yang nantinya akan selalu memenuhi persyaratan hukum.

  • Klasifikasi

Pengertian akuntansi sebagai klasifikasi yang berhubungan dengan analisis secara tersistematis dari data yang sudah tercatat.

  • Meringkas

Akuntansi berfungsi untuk penyajian data rahasia dengan cara yang dimengerti dan berguna untuk internal maupun eksternal dari laporan akuntansi. Proses ini fokus pada pelaporan neraca saldo, laporan laba rugi, dan neraca.

5 Upaya Dalam Menghadapi Globalisasi Ekonomi

Masyarakat Ekonomi Asean (MEA): Tujuan dan Manfaat MEA serta Pengaruh di Kehiudupan

(*/tribun-medan.com)

Dapatkan update berita terkini setiap hari dari tribun-medan.com. Mari bergabung di Channel Telegram "Tribun Medan Update", caranya klik link https://t.me/tribunmedanupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved