Imigrasi Medan Luncurkan Sistem Mobile Daily Report

Melalui Mobile Daily Report, Kantor Imigrasi akan dapat membuka data-data tanpa harus dicek lagi di komputer kantor dengan hasil real time.

Penulis: Kartika Sari | Editor: Eti Wahyuni
TRIBUN MEDAN/KARTIKA SARI
Acara peluncuran Mobile Daily Report di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan, Selasa (30/11/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan resmi melaunching Sistem Pelaporan Kinerja Harian (Mobile Daily Report) Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan, Selasa (30/11/2021).

Launching aplikasi ini turut dihadiri Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Sumut Imam Suyudi, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan Tato Juliadin Hidayawan, Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Utara Abyadi Siregar, dan Plt Kadiv Imigrasi sekaligus menjabat Kadiv Administrasi Betni Humiras Purba.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan Tato Juliadin Hidayawan mengungkapkan jika dengan hadirnya aplikasi ini akan mempermudah birokrasi laporan di dalam instansi.

Dijelaskan Tato, melalui Mobile Daily Report, Kantor Imigrasi akan dapat membuka data-data tanpa harus dicek lagi di komputer kantor dengan hasil real time.

Baca juga: Program Eazy Paspor dari Kantor Imigrasi Medan, Mudahkan Masyarakat Membuat Paspor

"Aplikasi ini memberikan kemudahan dalam penyajian pengolahan data dan kinerja karena informasi data berperan penting dalam mendukung keputusan pimpinan dan semua bisa dipermudah laporan apa yang kita perlukan pada hari itu, hari ini, seminggu, atau pun sebulan bisa langsung kita dapatkan pada saat itu juga," ujar Tato.

Menariknya, kinerja dari birokrasi Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan dapat dilihat oleh masyarakat secara transparan melalui Mobile Daily Report.

"Masyarakat juga bisa melihat juga, keterbukaan publik di sini, masyarakat juga bisa melihat kinerja kita. Dilihat dari statistik, juga mereka bisa masuk ke web kita, dilihat kegiatan kinerja yang sudah dilakukan kantor Imigrasi Kelas I khusus TPI Medan," tuturnya.

Setelah diluncurkan aplikasi ini, Tato sebagai pilot project akan melihat perkembangan dalam satu hingga dua bulan ke depan untuk melaksanakan di wilayah kerja kantor imigrasi Kelas I khusus TPI Medan.

Dan tak menutup kemungkinan, aplikasi yang akan segera didaftarkan ke HAKI ini akan mampu digunakan di setiap instansi akan mendukung transparansi dan percepatan kinerja.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Sumut Imam Suyudi juga turut mengapresiasi terkait aplikasi yang nantinya pekerjaan akan mampu terefisiensi dengan baik.

"Ini tentunya akan memangkas dari sisi efisiensi dan efektifitas pekerjaan yang kita laksanakan. Dari sisi waktu tentunya pasti. Apalagi dalam rangka bagaimana pelaksanaan kinerja kita yang saat ini dibutuhkan suatu kecepatan informasi. Tidak ada gunanya sama sekali, kalau informasi itu sudah terlalu lama. Nah, dengan adanya aplikasi ini menjadi suatu bentuk pembaharuan," ucapnya.

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved