Breaking News:

Universitas Mikroskil Launching Produk Nelayan Sebrang, Dihadiri Rektor dan Camat

Tak hanya itu, program PHP2D ini juga mengolah limbah plastik menjadi sesuatu yang bermanfaat dan memiliki nilai harga.

TRIBUN MEDAN/M FADLI
Camat Medan Belawan Subhan F Harahap dan petinggi Universitas Mikroskil Resmikan Desa Binaan dan Launching produk Nelayan Sebrang, Selasa (1/12/2021) 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Universitas Mikroskil bersama Kecamatan Medan Belawan meresmikan Desa Binaan dan launching produk Nelayan Sebrang di Belawan, Selasa (30/11/2021).

Sebelumnya, mahasiswa Universitas Mikroskil telah melaksanakan Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) yang telah berjalan empat bulan. Program PHP2D ini menghasilkan produk hasil tangkapan nelayan yang diproduksi menjadi makanan ringan seperti, abon, kerupuk ikan, bakso, dan nugget.

Tak hanya itu, program PHP2D ini juga mengolah limbah plastik menjadi sesuatu yang bermanfaat dan memiliki nilai harga.

Rektor Universitas Mikroskil, Dr Pahala Sirait, ST, Kom mengatakan, pihaknya berterima kasih kepada masyarakat, pemerintah dan lainnya yang membantu dalam program PHP2D ini.

Baca juga: Tim PHP2D Mikroskil Ajak Warga Kampung Nelayan Ciptakan Nilai Ekonomis dari Pengelolaan Sampah

"Jadi ada tiga tim yang diturunkan ke sini. Yang pertama, proses pengolahan tangkapan nelayan, lalu ada tim khusus pengolahan produksi dan tim pemasaran," ujarnya, Selasa (30/11/2021).

Program ini, lanjut Pahala, bertujuan membantu kampung nelayan yang berada di tengah laut.

" Universitas Mikroskil mengembangkan website untuk melakukan pemasaran dan bekerja sama dengan online shop lainnya. Karena apa pun yang dihasilkan dari produksi pasti memiliki limbah, maka kami juga mengelola limbah sampah sehingga kampung nelayan tetap bersih dan tentunya meningkatkan kesehatan masyarakat," ungkapnya.

Sementara itu, dalam kegiatan tersebut turut hadir Camat Medan Belawan, Subhan F Harahap, Danramil Belawan, dan beberapa unsur lainnya. Subhan F Harahap turut menandatangani MoU bersama Universitas Mikroskil terkait pengembangan hasil dari Kampung Nelayan Sebrang.

Subhan mengatakan, kegiatan ini sangat didukung, apalagi untuk kepentingan masyarakat.

"Kita mendukung kegiatan positif yang dihasilkan masyarakat. Ini juga membantu mendongkrak ekonomi. Nantinya kita akan coba juga untuk membantu pengurusan izinnya baik label halal dan lainnya," bebernya.

Lanjut Subhan, pihaknya turut mengapresiasi dalam bentuk pemasaran yang dilakukan mahasiswa Universitas Mikroskil.

"Tim-tim promosinya juga hebat-hebat. Dan pruduk UMKM Nelayan Sebrang ini sudah ada di berbagai aplikasi online shop," pungkasnya.

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved