Breaking News:

Desa Budaya Lingga di Kabupaten Karo, Miliki Rumah Adat Berumur Ratusan Tahun

Desa budaya Lingga sendiri, berada di sekitar 15 KM dari Berastagi, dan 5 KM dari Kabanjahe yang merupakan ibu kota Kabupaten Karo.

Penulis: Muhammad Nasrul | Editor: Ayu Prasandi
TRIBUN MEDAN/Muhammad Nasrul
Salah satu bangunan tradisional di Desa Budaya Lingga yang merupakan museum Desa budaya Lingga, Kecamatan Simpangempat, Kabupaten Karo. 

TRIBUN-MEDAN.com, KARO - Selain memiliki destinasi wisata alam, ternyata di Kabupaten Karo juga memiliki beberapa desa yang juga menjadi desa wisata.

Salah satu desa yang menjadi desa wisata ialah Desa Budaya Lingga, yang berada Kecamatan Simpangempat, Kabupaten Karo

Desa budaya Lingga sendiri, berada di sekitar 15 KM dari Berastagi, dan 5 KM dari Kabanjahe yang merupakan ibu kota Kabupaten Karo.

Lingga merupakan perkampungan yang terbilang cukup unik, memiliki rumah-rumah adat yang diperkirakan berumur ratusan tahun. 

Namun, meskipun sudah sangat tua tetapi kondisi bangunannya masih kokoh.

Rumah adat tradisional masyarakat Karo tersebut dihuni oleh enam hingga delapan keluarga, yang masih memiliki hubungan kekerabatan. 

Desa Lingga memiliki bangunan tradisional seperti, rumah adat, jambur, geriten, lesung, sapo page (sapo ganjang) dan museum karo.

Baca juga: PSMS Medan Akhiri Fase Grup Liga 2 2021 dengan Manis Usai Libas Sriwijaya 2-1

Geriten, digunakan sebagai tempat penyimpanan kerangka jenazah keluarga atau leluhur sang pemilik. 

Diketahui, Desa budaya Lingga sampai saat ini masih menjadi salah satu destinasi bagi wisatawan yang ingin mengetahui sejarah tentang kebudayaan Kabupaten Karo.

Di desa ini, memiliki beberapa peninggalan sejarah mulai dari bangunan rumah, museum, hingga beberapa peninggalan lainnya yang dapat dijadikan sebagai pembelajaran.

(cr4/tribun-medan.com) 

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved