Breaking News:

Vaksinasi di Sergai Mencapai 56,56 Persen, Bupati Minta Giatkan Door to Door

Sebanyak 478.774 warga Kabupaten Serdangbedagai telah mendapat Suntikan vaksin Covid-19 dosis pertama hingga ketiga per tanggal 30 November.

TRIBUN MEDAN/M ANIL RASYID
Siswa SMA Negeri 1 Sei Rampah, Serdangbedagai (Sergai) melakukan vaksinasi dan disaksikan oleh Kepala BIN Daerah Sumut, Brigjen TNI Asep Jauhari Puja Laksana, Kamis (14/10/2021).(TRIBUN MEDAN/M ANIL RASYID) 

TRIBUN-MEDAN.com, SERGAI - Sebanyak 478.774 warga Kabupaten Serdangbedagai telah mendapat Suntikan vaksin Covid-19 dosis pertama hingga ketiga per tanggal 30 November.

Secara terperinci, jumlah warga yang sudah mendapat vaksin Covid-19 dosis pertama sebanyak 285.085 orang dengan persentase 56,56 persen.

Sedangkan jumlah warga yang telah mendapat vaksin Covid-19 dosis kedua sebanyak 192.202 orang dengan persentase 38,13 persen. Dan yang mendapat suntikan vaksin dosis ketiga sebanyak 1.487 orang dengan persentase 0,29 persen.

"Yang menjadi tolak ukur yaitu pada vaksin Covid-19 pada dosis pertama yang sudah mencapai 56,56 persen," ujar Plt Kepala Dinas Kesehatan Sergai, Lia Agustina Simamora, Rabu (1/12/2021). 

Lanjut Lia, orang-orang yang sudah divaksin ini meliputi tenaga kesehatan, lansia, petugas publik, masyarakat rentan dan masyarakat umum, serta remaja.

Sementara itu, upaya Pemerintah Kabupaten Serdangbedagai untuk mencapai kondisi kekebalan kelompok (herd immunity) lewat vaksinasi, terus digalakkan.

Pernyataan ini disampaikan langsung oleh Bupati Sergai, Darma Wijaya saat menggelar apel gempur vaksinasi di Kompleks Kantor Bupati Sergai, Kecamatan Sei Rampah.

Di hadapan ratusan tenaga kesehatan Sergai, Bupati Sergai menyampaikan herd immunity bisa dicapai jika capaian vaksinasi sebesar 70 persen dari persentase penduduk yang jadi sasaran. Sergai sendiri, sebutnya, saat ini berada di angka 56,56 persen.

“Apel gempur vaksinasi yang kita laksanakan ini bertujuan untuk menyatukan persepsi kita semua akan  pentingnya capaian target tersebut. Herd immunity bisa dicapai dengan keseriusan dan kerja keras stakeholder dan seluruh tim yang terlibat dalam program vaksinasi,” ucap Darma.

Lanjut Darma, Sergai tidak hanya melaksanakan vaksinasi terpusat di fasilitas kesehatan atau gerai vaksin, namun di saat yang sama juga menggiatkan vaksinasi dengan turun langsung ke masyarakat (door to door).

“Dengan turun langsung ke rumah-rumah warga, ini bisa mengantisipasi warga pekerja harian yang dalam hal waktu akan kesulitan mengikuti vaksinasi. Tentunya dengan metode jemput bola ini, mereka akan dipermudah sekaligus di saat yang sama diharapkan dapat secara signifikan meningkatkan persentase vaksinasi. Pihak terkait terus saling berkoordinasi, terutama pihak bidan desa dengan kepala desa sebagai pihak yang berhubungan langsung dengan warga desa,” ucap Darma.

Tak lupa Darma menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh pihak terkait terutama tim vaksinator yang bekerja dengan keras dan sungguh-sungguh menyukseskan berjalannya program vaksinasi di bumi Sergai.

“Terima kasih kepada tenaga kesehatan yang ada di garda terdepan vaksinasi. Kalian sudah bekerja dengan keras dan tidak mengenal kata libur dalam menyasar warga yang jadi sasaran vaksin. Semoga hal ini tetap dapat dipertahankan demi memastikan herd immunity tercipta dan Kabupaten Sergai yang kita cintai ini bisa segera bebas dari pandemi,” tutup Bupati Sergai Darma Wijaya. (cr23/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved