Breaking News:

TERDETEKSI Penyebaran Omicron Pertama di Amerika, Varian Baru Covid-19 Sudah tersebar di 20 Negara

Amerika melaporkan kasus baru virus corona (Covid-19) yang ditemukan baru-baru ini pada seseorang yang ada di kota itu disebabkan oleh varian omicron

Editor: Salomo Tarigan
via KONTAN.CO.ID
Penyebaran Covid Varian Omnicron 

TRIBUN-MEDAN.com - Amerika Serikat (AS) mengkonfirmasi bahwa kasus baru virus corona (Covid-19) yang ditemukan baru-baru ini pada seseorang yang ada di kota itu disebabkan oleh varian omicron.

Orang tersebut adalah seorang musafir yang kembali dari Afrika Selatan pada 22 November lalu dan telah divaksinasi secara lengkap.

Dikutip dari laman USA Today, Kamis (2/12/2021), pengurutan genom yang dilakukan di University of California-San Francisco pun mengkonfirmasi varian tersebut.

"Kami tahu bahwa hanya masalah menunggu waktu sebelum akhirnya kasus omicron pertama terdeteksi di Amerika Serikat," kata Penasihat Presiden AS Joe Biden, Anthony Fauci dalam jumpa pers di Gedung Putih.

Baca juga: Dulu Terkenal Artis Lawas Honor Termahal, Main Film dengan Rhoma Irama, Kini Hidupnya Berubah Total

Sementara itu, Direktur Departemen Kesehatan Masyarakat San Francisco, Grant Colfax mengatakan dalam konferensi pers bahwa orang yang terinfeksi ini memiliki gejala ringan dan telah pulih.

"Individu tersebut memiliki rejimen vaksin Moderna lengkap, namun tidak mendapatkan suntikan (dosis penguat) booster," kata Colfax.

Sedangkan kontak erat pasien itu telah diberitahu dan dilakukan pengujian yang sejauh ini menunjukkan hasil negatif.

Sama seperti yang disampaikan Presiden Biden pada awal pekan ini, Colfax mengatakan kehadiran omicron merupakan sumber kekhawatiran namun bukan menjadi alasan masyarakat untuk panik.

Walaupun ia meyakini bahwa omicron kemungkinan besar memiliki sifat yang lebih mudah dan cepat menular dibandingkan varian delta.

Tingkat keparahan penyakit yang disebabkan oleh omicron dan kemampuannya untuk menghindari perlindungan yang diinduksi vaksin memang masih belum diketahui.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved