Breaking News:

Awi Coffee Wakili Sumatera Utara di Festival Kopi Indonesia Ke-3 di Moskow

Awi Coffee tampil di Festival Kopi Indonesia ke-3 di Hotel Baltschug Kempinski Moskow, Rusia, pada Selasa (30/11/21).

Editor: Liston Damanik
Dokumentasi KBRI Moscow
Festival Kopi Indonesia ke-3 di Hotel Baltschug Kempinski Moskow, Selasa (30/11/21). 

TRIBUN-MEDAN.com  - Awi Coffee tampil di Festival Kopi Indonesia ke-3 di Hotel Baltschug Kempinski Moskow, Rusia, pada Selasa (30/11/21). Ajang yang digelar KBRI Moskow dan CHIP Coffee ini merupakan upaya untuk memperluas pasar ekspor kopi Indonesia di Rusia, khususnya jenis kopi premium (specialty coffee).

Festival ini menggelar workshop, coffee cupping dan pameran produk kopi bagi para barista, pemilik toko kopi dan importir/distributor kopi di Rusia. Kegiatan ini juga ditayangkan live melalui youtube dan diikuti 43 peserta dari berbagai UMKM eksportir kopi Indonesia.

“Kita patut berbangga bahwa penyelenggaraan Festival Kopi Indonesia yang dilakukan sejak tahun 2019 berdampak langsung bagi peningkatan minat pelaku industri kopi Rusia dalam mengimpor specialty coffee Indonesia,” ucap Jose Tavares, Duta Besar RI untuk Federasi Rusia dan Republik Belarus saat membuka kegiatan.

Dubes Tavares menambahkan sebanyak 29 contoh specialty coffee dikirim langsung oleh berbagai pengusaha UMKM kopi dari Indonesia, salah satunya termasuk UMKM binaan BCA.

Indonesia patut berbangga karena menjadi salah satu negara yang memiliki beragam jenis kopi dengan kualitas terbaiknya. BCA menilai, potensi kopi saat ini cukup menjanjikan, mulai dari bisnis minuman, kedai kopi, hingga ekspor biji dan produk kopi ke luar negeri.

Director of BCA, John Kosasih menuturkan bahwa dukungannya pada Festival Kopi Indonesia di Rusia merupakan tindak lanjut atas program UMKM siap ekspor di kegiatan BCA UMKM Festival beberapa waktu yang lalu, serta wujud nyata Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) dan BCA Bangga Lokal.

 “Dari delapan peserta Festival Kopi Indonesia di Rusia ini, sebanyak tujuh peserta bisnis kopi, di antaranya merupakan UMKM binaan BCA lulusan UMKM Festival dan program BCA Bangga Lokal. Yang berasal dari Jakarta, Semarang, Medan, Bali dan Flores, “ ujar John melalui video yang diunggah di Youtube Solusi BCA, Selasa (30/11/2021).

Adapun peserta yang berkesempatan untuk ikut dalam ajang pameran bergengsi ini, di antaranya adalah Aksata Coffee & Roastery, Awi Coffee, Bali Beans, Bangflo Coffee, Dua Coffee, Kopi Ketjil, Mozass Healthy Labs, dan PT Taman Delta Indonesia.

Kedelapan merchant ini menawarkan beragam varian kopi, antara lain arabica, robusta, luwak, gayo, flores, green coffee, dan bali kintamanis.

Menariknya, Awi Coffee menjadi satu-satunya  perusahaan kopi di Sumatera Utara yang diundang ke pameran di Moskow.

Festival Kopi Indonesia ke-3 di Hotel Baltschug Kempinski Moskow, Selasa (30/11/21),
Festival Kopi Indonesia ke-3 di Hotel Baltschug Kempinski Moskow, Selasa (30/11/21), (Dokumentasi KBRI Moscow)
Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved