Aturan Natal dan Tahun Baru

Bupati Taput Larang Warga Pulang Kampung dan ASN Dilarang Cuti

Bupati Tapanuli Utara, Nikson Nababan melarang warganya untuk pulang kampung dan melarang ASN mengambil cuti natal dan tahun baru

Penulis: Maurits Pardosi | Editor: Array A Argus
HO
Rapat Forkopimda Taput soal persiapan natal dan tahun baru.(HO) 

TRIBUN-MEDAN.COM,TAPUT - Bupati Taput, Nikson Nababan larag warga pulang kampung dan minta ASN untuk tidak mengambil cuti natal dan tahun baru.

Hal itu disampaikan Nikson Nababan berkenaan dengan upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

“Kepada para pimpinan perangkat daerah agar membuat surat edaran di instansi masing-masing bahwa cuti tidak diberikan selama masa Natal dan Tahun Baru,” kata Nikson Nababan, Jumat (3/12/2021). 

Nikson Nababan juga mengimbau sekolah negeri dan swasta agar melaksanakan pembagian rapor semester I pada tanggal 31 Desember 2021, serta tidak meliburkan secara khusus pada periode libur Nataru dari tanggal 24 Desember 2021 sampai tanggal 2 Januari 2022.

Baca juga: Akali 24 Kepala Desa di Taput, Pendamping Desa Raup Untung Puluhan Juta Terancam 20 Tahun Penjara

“Untuk penyelenggaraan pesta adat pernikahan tetap diperkenankan dengan ketentuan mematuhi prokes. Pesta pernikahan diperbolehkan selama masa Nataru dengan ketentuan mendapat izin dari Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Tapanuli Utara,” terangnya. 

Kemudian, untuk acara pesta adat dan pernikahan cuma boleh dihadiri sebanyak 50 persen dari kapasitas gedung atu tempat acara.

Pihak penyelenggara kegiatan juga diminta tidak menyediakan makanan di tempat. 

"Apabila terjadi pelanggaran, akan dikenakan sanksi sesuai dengan ketentuan yang berlaku," tegasnya.

Baca juga: Bupati Taput Bersama KLHK Bahas Hasil Identifikasi dan Verifikasi MHA dan Calon Hutan Adat

Selanjutnya, ia juga menjelaskan bahwa Dinas Kesehatan untuk segera melakukan vaksinasi Covid-19 dengan memanfaatkan seluruh stok vaksin yang ada dan memprioritaskan sasaran vaksinasi kepada masyarakat yang berada di desa dan kelurahan padat penduduk serta desa-desa yang tingkat capaian vaksinasinya masih di bawah 70 persen.

“Tempat-tempat wisata tetap dibuka, dengan ketentuan untuk tetap menerapkan protokol kesehatan, menyediakan tempat cuci tangan dan masker, pengunjung hanya diperbolehkan sebanyak 50 persen dari kapasitas tempat dan khusus tempat wisata Salib Kasih dan Huta Ginjang ditempatkan posko penanganan Covid-19 tersendiri," sambungnya.

Baca juga: Kolaborasi Pemkab Taput dan YKI Taput Adakan Bakti Sosial Menyambut Hari Natal

Instruksi tersebut berlaku dari tanggal 24 Desember 2021 sampai dengan 2 Januari 2022 dan selanjutnya mulai tanggal 3 januari 2022 diterapkan  ke PPKM level 2 sambil menunggu diterbitkannya Instruksi Menteri Dalam Negeri terbaru

Turut hadir  Sekretaris Daerah Drs. Indra S.H Simaremare, Para Staf Ahli, Para Asisten,  dan Pimpinan Perangkat Daerah serta Camat se-Kabupaten Tapanuli Utara . Forkopimda yang hadir pada kesempatan tersebut adalah Dandim 0210/TU Letkol Inf, Hari Sandra,  Kapolres Taput AKBP Ronald Sipayung, Ketua Pengadilan Golom Silitonga dan Kejari Taput M Suroyo dan Pengadilan Agama.(cr3/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved