Breaking News:

Muhammad Solihin, Pengusaha Kuliner yang Bermanuver ke Bisnis Cetak Kemasan

Muhammad Solihin serius menggeluti bidang usaha cetak kemasan makanan setelah sebelumnya mencoba membuka bisnis kuliner.

Penulis: Kartika Sari | Editor: Liston Damanik
TRIBUN MEDAN/HO
Muhammad Solihin, pengusaha pemilik Medan Cetak Kemasan. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Muhammad Solihin serius menggeluti bidang usaha cetak kemasan makanan setelah sebelumnya mencoba membuka bisnis kuliner.

Solihin terjun ke bisnis camilan sejak tahun 2014. Beberapa tahun berjualan camilan, ia mulai terpikir untuk membuka bisnis percetakan. 

“Saat itu, kami ingin upgrade kemasan. Karena kalau kemasannya itu-itu saja kan orang akan cepat bosan, Kami kan menyasar market modern ya dengan kemasan menarik. Jadi, tahun 2018 saya coba agar kemasan saya lebih menarik,” ungkap Hin, Kamis (2/12/2021).

Menurutnya, percetakan kemasan di Kota Medan belum banyak sehingga awalnya ia harus memesan ke luar Pulau Sumatera.

Kendala itu akhirnya ia lihat sebagai peluang, dan akhirnya ia bermanuver untuk membuka bisnis percetakan kemasan.

Solihin mengaku pengamasan produk dan promosi sangat penting untuk UMKM. 

“Selama lima tahun berjualan keripik saya tidak berani beriklan, dan saya merasa ini jalan di tempat. Saya akhirnya sadar dan di saat ini saya ketika menggeluti bisnis kemasan yang berusia satu tahun saya mengambil keputusan untuk berani beriklan,” kata Hin. 

Selain itu tantangan pada masa awal memulai bisnis percetakan adalah kurangnya pengalaman. Pernah mereka salah mencetak kemasan sebanyak 2.000 buah dan harus menggantinya dengan kemasan yang baru.

Solihhin mengaku akan terus berinovasi dalam bisnis percetakan agar dapat memudahkan para pelaku UMKM untuk memasarkan produknya. 

“Kami ingin menciptakan kemasan yang lebih beragam. Contohnya seperti kemasan mangkok kertas. Kedepannya, kami ingin menciptakan itu agar UMKM ini enggak harus pesan ke Jawa,” katanya. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved