Breaking News:

Waspadai Munculnya Spekulan Dadakan, Manfaatkan Situasi Naikkan Harga Sembako

Karena harga CPO belakangan juga mengalami penurunan. Sehingga harga minyak goreng bisa turun walau sedikit.

Penulis: Angel aginta sembiring | Editor: Eti Wahyuni
TRIBUN MEDAN/ANGEL AGINTA SEMBIRING
Suasana Pasar Sei Sikambing, Kota Medan, Kamis (9/9/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Pemerintah resmi membatalkan PPKM Level 3 pada momen Natal dan Tahun Baru akhir bulan ini. Terkait hal ini, Pengamat Ekonomi Sumut Gunawan mengatakan, kabar dari pemerintah yang tidak akan memberlakukan PPKM Darurat Level 3 selama Nataru akan merubah ekspektasi terkait laju tekanan inflasi di Sumut.

"Saya sebelumnya sangat optimis, dengan penurunan harga sejumlah kebutuhan pokok masyarakat seperti cabai merah dapat menjadi motor penyumbang deflasi bagi Sumatera Utara, " ujarnya, Rabu (8/12/2021).

Mengingat harga cabai merah saat ini berada di kisaran Rp 25 ribu hingga Rp 28 ribu per kg. Setelah sempat mengalami kenaikan hingga mencapai Rp 50 ribu per kg di bulan November lalu. Ia berharap harga minyak goreng perlahan bisa turun di bulan Desember ini.

"Karena harga CPO belakangan juga mengalami penurunan. Sehingga harga minyak goreng bisa turun walau sedikit, " imbuhnya.

Harga tiket pesawat juga demikian.  Meski pun pada dasarnya harga tiket pesawat tetap berpeluang naik pada Desember sekali pun tanpa ada PPKM Level 3.

Baca juga: PPKM Level 3 di Medan Dibatalkan, Ketua DPRD Medan Hasyim Beri Imbauan Tegas pada Warga

Akan tetapi kebijakan pembatalan PPKM tersebut akan membuat harga tiket pesawat naik lebih tinggi dari ekspektasi sebelumnya. Demikian juga untuk harga sumber protein seperti daging sapi, daging ayam, telur ayam mau pun ikan segar.

"Jadi, saya semula yang melihat Sumut justru lebih berpeluang mencetak deflasi di bulan ini, terpaksa harus diubah. Hilal kemunculan inflasi mulai terlihat, dan semua pihak khususnya TPID harus bersiap. Untuk komoditas cabai dan bawang, sejauh ini stok sangat memadai dan sangat mencukupi hingga tutup akhir tahun, " tuturnya.

Akan tetapi, ia mengatakan, kita harus waspada adanya potensi kenaikan harga, meski pun kalau harga naik memang tidak akan lama. Karena begitu perayaan Nataru elesai, harga berpeluang untuk kembali ke posisi awal.

"Jadi sekali lagi saya berharap, pemerintah atau pun dinas terkait bekerja lebih ekstra untuk mengawasi perdagangan bahan makanan tersebut. Jangan sampai ada spekulan dadakan yang muncul dan memanfaatkan situasi ini, " tegasnya.

Ia juga menyampaikan kebijakan pembatalan PPKM Level 3 tentunya baik bagi ekonomi kita. Ekonomi bisa tumbuh, tetapi inflasinya tetap harus diredam.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved