Breaking News:

Aktif di Program Menara Vokasi, Politeknik WBI: Agar Lulusan yang Dihasilkan Penuhi Kebutuhan Pasar

Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi menjalankan program Menara Vokasi Tahun 2021.

Editor: Ismail
Dok. Politeknik WBI
Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi menjalankan program Menara Vokasi Tahun 2021 secara serentak dibuka di lima kota di Indonesia yaitu ; Medan, Pekanbaru, Banjarmasin, Labuan Bajo dan Kolaka, Medan 7-9 Desember 2021. 

TRIBUN-MEDAN.com - Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi menjalankan program Menara Vokasi Tahun 2021. Kegiatan gebyar Menara vokasi secara serentak dibuka di lima kota di Indonesia yaitu ; Medan, Pekanbaru, Banjarmasin, Labuan Bajo dan Kolaka. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kemitraan yang mendalam dan berkelanjutan antar seluruh pemangku kepentingan guna mendukung pengembangan pendidikan vokasi.

Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi (Dirjen Diksi) Kemendikbudristek, Wikan Sakarinto, membuka kegiatan Gebyar Menara Vokasi dari Kabupaten Kolaka Sulawesi Tenggara. Dirjen Diksi menyampaikan Vokasi tidak mungkin berjalan sendiri. Ketautsesuaian (link and match), untuk bisa link mungkin tidak sulit, tapi untuk match ini masih menjadi tantangan. Kita harus tinggalkan cara tradisional, jangan kita mendidik dengan keyakinan sendiri yang ternyata sudah tidak relevan dengan kebutuhan industri yang kebaruannya begitu cepat.

Secara bersamaan, melalui acara virtual, Gebyar Menara Vokasi 2021 di Medan dibuka oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Henri Togar Hasiholan Tambunan. Politeknik Negeri Medan yang merupakan salah satu akselerator menjadi tuan rumah untuk acara tersebut.

Politeknik Wilmar Bisnis Indonesia (WBI) yang telah menjadi mitra kerjasama Politeknik Negeri Medan terlibat secara aktif dalam kegiatan gebyar Menara Vokasi tersebut. Pada acara tersebut, Politeknik WBI telah menandatangani 15 buah Nota Memorandum of Understanding (MoU) dan Perjanjian Memorandum of Agreement (MoA) serta puluhan MoU dan MoA lainnya yang sedang berproses.

Seluruh MoU dan MoA tersebut serta Kerjasama lainnya yang telah dimiliki Poloteknik WBI telah dan akan terus diintegrasikan untuk mendukung implementasi Merdeka Belajar serta mewujudkan link and match antara satuan pendidikan vokasi dengan dunia usaha dunia industri dan dunia kerja.

Dampak Kerjasama yang telah dimiliki oleh Politeknik WBI mulai menunjukkan hasil yang positif. Berdasarkan monitoring dan evaluasi yang dilakukan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah I Sumatera Utara, Politeknik WBI menjadi kampus Politeknik terbaik pertama dalam implementasi Merdeka Belajar serta menjadi kampus terbaik tiga untuk kategori Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Direktur Politeknik WBI, Dr Jenny Elisabeth dalam rangkaian acara tersebut menyampaikan komitmen Politeknik WBI untuk mengembangkan proses pembelajaran yang terintegrasi dengan dunia industri agar lulusan yang dihasilkan mampu menjawab kebutuhan pasar. Keterlibatan Politeknik WBI dalam program Menara vokasi ini adalah salah satu strategi untuk melaksanakan komitmen tersebut

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved