Breaking News:

Bank Indonesia Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Sumut Tahun 2022 Tumbuh 3,7-4,5 Persen

Bank Indonesia memprediksi pertumbuhan pada tahun 2022 akan semakin meningkat antara 3,7 hingga 4,5 persen.

Penulis: Kartika Sari | Editor: Liston Damanik
TRIBUN MEDAN/ALIJA MAGRIBI
Aktivitas petani di ladang jahe merah, Simpang Sigodang, Kecamatan Merek, Kabupaten Simalungun, Sabtu (13/11/2021)/(Tribun Medan - Alija Magribi) 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Bank Indonesia Perwakilan Sumatera Utara menyatakan pada tahun ini perekonomian Sumut bertumbuh antara 2,5-3,3 persen.

Bank Indonesia memprediksi pertumbuhan pada tahun 2022 akan semakin meningkat antara 3,7 hingga 4,5 persen.

"Potensi ini ditengarai berasal dari menguatnya harga komoditas utama (CPO, karet, kopi) di pasar internasional, kinerja ekspor-impor yang menguat, dan perbaikan PMI negara mitra dagang," ungkap Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara Soekowardojo pada Bincang Bareng Media (BBM) di Bel Mondo Cafe, Selasa (14/12/2021).

Sementara itu, berdasarkan sisi Lapangan Usaha (LU) keempat LU unggulan Sumatera Utara diproyeksikan tumbuh lebih tinggi pada triwulan IV-2021 berdasarkan indikator terkini.

Soeko mengatakan, lapangan usaha dari sektor pertanian terus tumbuh yang masih menjadi tulang punggung perekonomian di Sumut.

"Lapangan Usaha Pertanian berhasil tumbuh sejalan dengan NTP yang kian meningkat dan berada di atas 100," tutur Soeko.

Sementara itu LU PBE berhasil tetap tumbuh tercermin dari perkiraan usaha dan IPR yang meningkat.

Selanjutnya, LU Konstruksi juga tumbuh diperlihatkan dengan jumlah pengadaan semen yang semakin bertambah, didukung dengan penyaluran kredit yang meningkat. 

"LU Industri Pengolahan turut mengalami perbaikan tercermin dari perkiraan kegiatan usaha hasil Survei Kegiatan Dunia Usaha dan didukung oleh perbaikan PMI mitra dagang, kenaikan harga komoditas utama (CPO, karet, kopi), serta pertumbuhan kredit," ucapnya. (cr13/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved