Breaking News:

Proyeksi Tahun 2024, Simalungun Punya 10 Ribu Hektare Ladang Kopi

Pemerintah Kabupaten Simalungun memproyeksikan adanya 10 ribu hektare kebun kopi dalam tiga tahun ke depan. 

Penulis: Alija Magribi | Editor: Liston Damanik
ALMAZMUR
Ilustrasi 

TRIBUN-MEDAN.com, SIMALUNGUN - Pemerintah Kabupaten Simalungun memproyeksikan adanya 10 ribu hektare kebun kopi dalam tiga tahun ke depan. 

Wakil Bupati Simalungun Zonny Waldi mengatakan, pihaknya sudah mendeklarasikan penanaman bibit komoditas unggulan Kabupaten Simalungun ke Wakil Presiden dan Kementerian Pertanian pada Hari Perkebunan dan Rempah Nasional di Parapat, Jumat (10/12/2022) lalu.

"Jadi sebagai wujud dukungan, kami mendeklarasikan komoditas unggulan di Simalungun. Kopi kita intensifkan 10 ribu hektare, pinang 1000 hektare, jahe merah 1.000 hektare, dan andaliman 100 ribu hektare," katanya, Selasa (14/12/2021).

Zonny Waldi mengatakan, program ini akan berjalan selama tiga tahun. Untuk mendukung terlaksananya program ini, Pemkab Simalungun telah menganggarkan pemberian bibit pada tahun 2022 kepada petani.

"Mulai dengan tahun ini sampai dengan tahun 2024. Kami ingin petani kita bangkit. Pada tahun 2022 APBD Simalungun mengganggarkan pemberian bibit pinang gratis," katanya.

Pemkab Simalungun, ujar Zonny, akan mendistribusikan bibit secara merata. Pemberian bibit akan mengutamakan topografi, pengairan dan keseriusan petani mengembangkan komoditas pertanian.

"Kita akan tanam di daerah perbatasan tanah masing-masing secara zig-zag. Artinya, pemilik sebelah kanan dan sebelah kirinya dapat kuota yang sama," jelas mantan Kadis Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumatera Utara ini. (alj/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved