Breaking News:

Ekspor Karet di Sumut Capai 36.873 Ton, Tujuan Ekspor Paling Banyak Ke Amerika Serikat

Berdasarkan catatan Gapkindo Sumut, pengapalan November tercatat 36.873 ton atau naik 5.305 ton (16,8%) dibandingkan bulan Oktober.

Penulis: Kartika Sari | Editor: Royandi Hutasoit
HO / Tribun Medan
Seorang petani Menderes karet di kebun beberapa waktu lalu 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Gabungan Pengusaha Karet Indonesia (Gapkindo) mencatat jika pengapalan komoditi karet pada Bulan November masih meningkat tajam sama seperti pengapalan bulan Oktober yang lalu.

Sedangkan Jepang masih bertahan pada posisi kedua.

Berdasarkan catatan Gapkindo Sumut, pengapalan November tercatat 36.873 ton atau naik 5.305 ton (16,8%) dibandingkan bulan Oktober.

"Memperhatikan tingginya persentase ini mencerminkan membaiknya kinerja ekspor. Dari sisi lain, adanya peningkatan volume ini merupakan realisasi dari kontrak-kontrak ekspor yang tertunda," ungkap Sekretaris Gapkindo Edy Irwansyah, Kamis (16/12/2021).

Bila dilihat secara kumulatif, volume ekspor Januari-November masih menurun 4.952 ton (1,4%) menjadi 342.032 ton dibandingkan periode yang sama tahun 2020.

Adapun Lima besar negara tujuan ekspor karet Sumatera Utara untuk pengapalan November adalah USA (24,3%), Jepang (19,0%), China (8,2%), Brazil (7,9%), dan Belgia (6,1%).

Dikatakan Edy, hingga saat ini permasalahan pengapalan masih mengenai ketersediaan kontainer.

"Pengapalan pada Desember masih diwarnai dengan adanya delay shipment karena adanya keterbatasan metalbox pengemas karet dan keterbatasan ketersediaan kontainer," ujarnya.

Melihat hal ini, Edy mengatakan jika kinerja ekspor karet masih stagnan lantaran menurunnya produksi karet pengaruh dari musim hujan.

"Dengan adanya ketebatasan ini, kinerja ekspor karet Sumatera Utara diperkirakan masih stagnan. Kondisi ini juga dipengaruhi masih menurunnya produksi karet rakyat dan perusahaan perkebunan karet karena kondisi saat ini di Sumatera Utara masih musim hujan," pungkasnya.

(cr13/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved