Breaking News:

Politeknik WBI Raih Juara 1 pada Kategori Kampus Merdeka Tingkat Politeknik LLDIKTI Sumut

Salah satu misi Politeknik Wilmar Bisnis Indonesia (WBI) adalah menghasilkan entrepreneur

Editor: Ismail
Dok. Politeknik WBI
Politeknik WBI Raih Juara 1 pada Kategori Kampus Merdeka Tingkat Politeknik  LLDIKTI Sumut 

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Salah satu misi Politeknik Wilmar Bisnis Indonesia (WBI) adalah menghasilkan entrepreneur yang mempunyai keterampilan sesuai dengan program studinya yang sudah tentu diperoleh mahasiswa dari kegiatan tridharma perguruan tinggi, mencakup pembelajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat yang selaras dengan tantangan pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Tantangan baru bagi perguruan tinggi adalah pemberlakuan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa/i untuk mengasah kemampuan sesuai bakat dan minat mereka dengan terjun langsung ke dunia kerja sebagai persiapan karier masa depan.

Politeknik WBI berhasil merealisasikan program MBKM bagi mahasiswa yang terbukti dengan keberhasilannya meraih Juara 1 kategori Kampus Merdeka Tingkat Politeknik pada Monev Perguruan Tinggi Swasta versi LLDIkti Sumut.  

Bersamaan dengan prestasi tersebut, Politeknik WBI juga meraih 4 penghargaan lainnya yaitu sebagai Juara 3 pada Kategori SMPI (Sistem Penjaminan Mutu Internal), Juara 3 pada Kategori Tri Dharma Perguruan Tinggi, Juara 4 pada Kategori Link and Match, dan Juara 5 pada Kategori Arsitektur. 

Tentunya hal ini menjadi prestasi yang cukup membanggakan bagi sebuah politeknik yang termasuk kategori baru di Sumut, khususnya dalam komitmen mewujudkan kebijakan Kampus Merdeka yang telah telah resmi diluncurkan pemerintah ada awal tahun 2019. 

Di samping penghargaan di atas, Politeknik WBI juga membuktikan upaya perwujudan misinya dengan prestasi yang sejalan dengan slogan Politeknik WBI, yakni sebagai Kampus Entrepreneur, dimana 10 ventura mahasiswa berhasil memperoleh mendanaan lebih dari 100 juta rupiah pada Program Wirausaha Mahasiswa Vokasi (PWMV) 2021. 

Dalam program ini WBI merupakan satu-satunya politeknik swasta yang berhasil meraih pendanaan PWMV 2021 dari Sumatera Utara.  

Prestasi lainnya juga diraih oleh WBIC (WBI Business Initiative Center) sebagai unit pengelola pembelajaran entrepreneurship dan pembentukan ventura Politeknik WBI yang mendapatkan pendanaan lebih dari 200 juta pada Program Penguatan Ekosistem Kewirausahaan Perguruan Tinggi Penyelenggara Pendidikan Vokasi (PTPPV) Tahun 2021 yang diselenggarakan oleh KEMENDIKBUDRISTEK - Dirjen Pendidikan Vokasi dan juga merupakan satu-satunya perguruan tinggi swasta di Sumut yang berhasil meraih pendanaan pada program ini.  

Beberapa prestasi di atas dilengkapi dengan prestasi salah satu mahasiswa Politeknik WBI, Michael S.P. yang berpartisipasi pada kegiatan Kemah Budaya Kaum Muda (KBKM) pada ketegori Purwarupa dengan membawa ide bisnisnya Haminjon (bahasa Batak dari kata ‘kemenyan’).   

Bersama dua orang mahasiswa mitranya, Michael menjadi perwakilan Sumatera Utara dalam ajang KBKM 2021 dan berhasil meraih Juara 1 dengan membawa pulang hadiah berupa plakat, piagam serta uang tunai senilai Rp50.000.000.

Direktur Politeknik WBI, Dr. Ir. Jenny Elisabeth, mengungkapkan bahwa prestasi Politeknik WBI di tahun 2021 ini harus menjadi pengungkit untuk prestasi-prestasi WBI berikutnya, terutama di bidang entrepreneurship, untuk pembuktian ke masyarakat tentang  pencapaian tujuan pendirian Politeknik WBI dalam menghasilkan lulusan dengan pola pikir entrepeneurial yang mandiri, adaptif, kreatif, inovatif, dan memberi solusi atas berbagai permasalahan di dalam masyarakat. 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved