Breaking News:

Trio Dosen Ilmu Administrasi Publik USU Gali Potensi Desa Suka Makmur Demi Tingkatkan Ekonomi Warga

Ginting mengatakan masih banyak potensi wisata di Kecamatan Sibolangit khususnya Desa Suka Makmur yang belum diketahui dan digali.

Editor: Liston Damanik
TRIBUN MEDAN/HO
Tim PKM Kemitraan Mono Tahun Dosen Wajib Mengabdi USU bersama yang mewakili Camat Kecamatan Sibolangit, di Kantor Camat Sibolangit, Sabtu (18/12/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com, DELISERDANG - Trio Dosen Ilmu Administrasi Publik Universitas Sumatera Utara Dr. Simson Ginting, S.Sos, MPA, Robinson Sembiring, S.Sos, M.Si, Wiro Oktavius Ginting, S.Sos, melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan tema “Implementasi Wisata Berbasis Masyarakat” di Desa Suka Makmur Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deliserdang, Minggu (19/12/2021).

Ketua Tim PKM Dr Simson Ginting, S.Sos, MPA mengatakan, tim pengabdian akan melakukan penggalian data dan informasi tentang potensi desa, serta menggali beberapa permasalahan, tantangan dan peluang dalam pengembangan kegiatan wisata.

Simson mengatakan, Sibolangit memiliki pemandangan alam yang indah dan sejuk. Daerah ini banyak dijumpai tempat tujuan wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi. Jarak tempuh yang hanya sekitar 30–50 km membuat kawasan Sibolangit menjadi destinasi wisata primadona bagi masyarakat kota Medan sekitarnya, terbukti pada saat hari-hari libur dan akhir pekan, sebagian kawasan Sibolangit padat dikunjungi oleh wisatawan yang mayoritas berasal dari kota Medan sekitarnya.

"Di Sibolangit, Desa Suka Makmur, merupakan merupakan salah satu desa yang memiliki objek wisata yang paling ramai dikunjungi oleh wisatawan. Desa ini memiliki satu objek wisata berupa wahana bermain bertaraf internasional," katanya.

Wahana bermain bertaraf internasional, menjadikan Desa Suka Makmur mengalami peningkatan nilai manfaat wilayah. Kondisi ini lebih nyata terlihat oleh adanya berbagai transformasi yang terjadi di sekitar daerah tersebut. Ginting mengatakan masih banyak potensi wisata di Kecamatan Sibolangit khususnya Desa Suka Makmur yang belum diketahui dan digali, untuk dapat dikembangkan sebagai produk wisata bagi kesejahteraan dan peningkatan mutu kehidupan masyarakat sekitar kawasan sibolangit, baik berupa keindahan alam, gejala alam maupun bentang alam.

Pada pelaksanaan Focus Group Discussion (FGD) yang digelar Tim PKM bersama pemerintah setempat dan perwakilan warga di Aula Yayasan Betlehem, Drs. Robinson Sembiring, M.Si. mengatakan salah satu bentuk pengabdian USU kepada masyarakat yakni, program Iptek bagi desa dalam mewujudkan peran universitas secara nyata pada pembangunan masyarakat desa.

Pengabdian ini menjadi urgen, katanya, karena banyak potensi desa yang belum diberdayakan secara optimal, akhibat kurang adanya link and match antara hasil riset dengan aspirasi masyarakat. Sembiring juga memaparkan pengalamannya tentang bagaimana stategi mengembangkan Potensi sumber daya yang dimiliki desa hingga dapat menjadi kawasan Desa Wisata.

"Kuncinya yaitu bagaimana strategi mengembangkan potensi sumber daya yang dimiliki desa di kecamatan  ini. Apa objek yang akan kita jual (pasarkan), lalu bagaimana mengembangkan objek tersebut dan bagaimana strategi pemasarannya, serta didukung dengan pengembangaan sumber daya manusia warga di desa ini,” ujarnya.

Anggota Tim PKM Wiro Oktavius Ginting, S.Sos., M.Si menambahkan bahwa kolaborasi dan sinergi antarlembaga harus ditingkatkan. Menurutnya, strategi pembangunan desa harus harus mensejahterakan dan berkelanjutan. Upaya yang dilakukan antara lain melokalkan Sustainable Development Goals (SDGs) atau pembangunan berkelanjutan global menjadi SDGs desa. Ini bertujuan sebagai percepatan tujuan pembangunan berkelanjutan.

"Kolaborasi dan keterlibatan perguruan tinggi menghasilkan pengetahuan, pembelajaran, desiminasi, manfaat. Desa dan perguruan tinggi sama-sama saling membantu," jelasnya.

Perguruan tinggi memberikan pengetahuan, inovasi dan solusi permasalahan pengembangan desa. Lalu jadi satu aktor pembangunan berkelanjutan skala desa, mendemonstrasikan konsep dan rancangan keilmuan.

Camat Sibolangit Febri Gurusinga sangat bersyukur dan berterima kasih karena desa di kecamatan yang dipimpinnya menjadi perhatian dari Tim PKM USU dalam rangka penguatan ekonomi masyarakat melalui pengembangan kegiatan wisata.

Dosen Wajib Mengabdi USU TIM PKM
Tim PKM Kemitraan Mono Tahun Dosen Wajib Mengabdi USU bersama perwakilan peserta kegiatan di Aula Yayasan Betlehem, Bandar Baru.

"Kami sangat bersyukur dan berterima kasih atas diskusi yang bermanfaat yang telah terlaksana. Saya akan melakukan sosialisasi dengan kepala desa agar dilakukan pemberdayakan Karang Taruna, PKK, BUMDes serta lembaga desa serta secepatnya membentuk Pokdarwis guna mendukung implementasi wisata desa di kecamatan ini khususnya Desa Suka Makmur yang memiliki banyak objek wisata dan dapat dikembangkan agar manfaatnya lebih besar," ujarnya.

Pemerintah setempat dan masyarakat yang hadir berharap setelah dilakukan riset oleh Tim PKM USU kawasan di Kecamatan Sibolangit, khususnya Desa Suka Makmur, bisa segera dikembangkan menjadi kawasan Desa Wisata yang pada akhirnya akan meningkatkan perekonomian warga sekitar.

Kesimpulan kecil hasil diskusi Tim PKM dengan pemerintah dan masyarakat dimana pengembangan pariwisata berbasis pemberdayaan masyarakat perlu dilakukan karena memberikan dampak positif pada berbagai aspek seperti aspek ekonomi, sosial dan lingkungan serta terwujudnya pengembangan pariwisata berkelanjutan. Sementara bertambahnya objek wisata yang cukup berpengaruh pada perbaikan taraf perekonomian sekaligus naiknya pendapatan daerah, serta penyerapan tenaga kerja semakin tinggi, maka diperlukan pengelolaan destinasi wisata yang mengedepankan inovasi, agar tidak hanya jumlahnya yang banyak, tetapi juga beragam. Masyarakat juga menyarankan, agar wisata desa sebagai salah satu komponen pariwisata, perlu diberikan pendampingan lebih masif mengingat sebagaian besar masih berada pada kategori rintisan dan berkembang. (*)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved