Breaking News:

Abdikan Diri ke Masyarakat, Tim Dosen Polmed Latih Usaha Burger Ibu Rumah Tangga

Tim Dosen Politeknik Negeri Medan (Polmed) mela­kukan ke­giatan Pengabdian Kemitraan Masyarakat (PKM) di Desa Lama Ke­camatan Hamparan Perak

Editor: Ismail
Tribun Medan/HO
Ke­giatan Pengabdian Kemitraan Masyarakat (PKM) di Desa Lama Ke­camatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang pada tanggal 21 November yang lalu.  

Tribun-Medan.com, Medan - Tim Dosen Politeknik Negeri Medan (Polmed) mela­kukan ke­giatan Pengabdian Kemitraan Masyarakat (PKM) di Desa Lama Ke­camatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang pada tanggal 21 November yang lalu. 

Kegiatan pengabdian masyarakat  kali ini diberikan untuk memberdayakan kaum ibu-ibu rumah tangga yang ada di daerah tersebut agar dapat menambah penghasilan dan memiliki keterampilan berwirausaha burger di sekitar desa tersebut. 

Pada kegiatan kali ini ada 10 perempuan yang diberikan pelatihan wirausaha burger. Pelatihan ini diberikan dengan kerja sama antara ibu-ibu rumah tangga desa Lama dengan Tim PKM Dosen Polmed yang terdiri dari Irwan Musriza Harahap, SE, MSi dari Dosen Administrasi Bisnis sebagai Ketua Pelaksana, didampingi Edi Putra Berutu SE MSi dan Agus Edi Rangkuti SE,  MSi  sebagai anggota.

Kegiatan ini berawal dari survei yang dilakukan tim dosen saat mendatangi desa Lama  dan melalui wawancara diketahui kesulitan untuk mengem­bangkan usaha  karena terkendala  modal dan pera­latan untuk kegiatan berwirausaha.

Melalui kegiatan pengabdian masyarakat dosen yang didanai DIPA Politeknik Negeri Medan tahun 2021, maka Tim PKM memberikan peralatan produksi berupa 1 buah kompor gas komplit untuk berjualan burger untuk dikembangkan sebagai alat produksi untuk tambahan modal usaha, sekaligus pemberian pelatihan usaha burger dan implementasi pencatatan laporan keuangan sederhana untuk usaha kecil dan Pelatihan Strategi Pengembangan Usaha Kecil dan kaum perempuan.

Pelaksanaan kegiatan PKM dilakukan di kediaman ketua kelompok ibu-ibu rumah tangga di desa Lama kecamatan Hamparan Perak kabupaten Deli Serdang.

Setelah pelaksanaan kegiatan PKM ibu Novarida Lia selaku ketua kelompok ibu-ibu rumah tangga menyam­paikan kepada Tim PKM, bahwa ia sangat berterima kasih atas kepedulian dosen di Polmed untuk pemberdayaan ibu-ibu rumah tangga. Kepedulian terhadap kaum  perempuan yang tidak memiliki pekerjaan ini sehingga kini setelah memperoleh pelatihan usaha burger selama 1 minggu. Mereka telah terampil. Kini mereka mempunyai peluang untuk memperoleh penghasilan.

Irwan Musriza Harahap sebagai Ketua Tim PKM menyampaikan agar kiranya bantuan yang diberikan bermanfaat untuk mengem­bangkan usaha bagi ibu-ibu sekalian. “Di masa mendatang, kami dosen Polmed akan senantiasa terus berkontribusi membangun masyarakat Sumatera Utara menjadi semakin mandiri melalui berbagai segi keilmuan yang dimiliki,” katanya.

“Sebagai dosen kami akan senantiasa berusaha membantu masyarakat dengan hadir dan mendengarkan permasalahan yang dihadapi masyarakat, bersinergi dengan dosen lintas disiplin ilmu membantu dengan mengaplikasikan ilmu yang kami miliki untuk masyarakat sebagai bentuk pengabdian,” katanya. 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved