Breaking News:

Jelang Natal dan Tahun Baru, Harga Andaliman Sentuh Rp 200 Ribu Per Kilogram

"Seperti harga cabai merah naik, biasanya Rp 24 ribu per kilogram hari ini dibanderol Rp 28 ribu per kilogram , cabe rawit Rp 30 ribu,"

Penulis: Angel aginta sembiring | Editor: Eti Wahyuni
TRIBUN MEDAN/ANGEL AGINTA SEMBIRING
Suasana Pasar Pringgan Kota Medan, Rabu (22/12/2021).(TRIBUN MEDAN/ANGEL AGINTA SEMBIRING) 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Harga bahan pokok mulai mengalami kenaikan di pasar tradisional Pringgan, Kota Medan, Rabu (22/12/2021). Dina, pedagang sayur mayur di Pasar Pringgan mengungkapkan hampir seluruh bahan kebutuhan pokok mengalami kenaikan harga.

"Hampir seluruh harga barang naik hari ini (kemarin), ada juga beberapa barang yang sudah beberapa hari tidak mengalami kenaikan harga karena curah hujan tinggi, " tutur Dina kepada Tribun Medan.

"Seperti harga cabai merah naik, biasanya Rp 24 ribu per kilogram hari ini dibanderol Rp 28 ribu per kilogram , cabe rawit Rp 30 ribu," katanya.

Dina menyampaikan dari beberapa harga barang yang mengalami kenaikan, harga Andaliman justru mengalami peningkatan harga cukup drastis yaitu mencapai Rp 200 ribu per kilogram.

"Biasanya andaliman Rp 50 ribu sampai Rp 60 ribu, ini sudah Rp 200 ribu," imbuhnya.

Kemudian ia mengutarakan, harga komoditi sayur mayur pun turut mengalami kenaikan yaitu daun pere Rp 40 ribu, terong ungu Rp 6.000, brokoli Rp 20 ribu, selada Rp 25 ribu, dan buncis Rp 18 ribu.

Namun, ada juga beberapa komoditi mengalami penurunan harga seperti tomat Rp 5.000 ribu per kilogram dan bawang merah Rp 15 ribu.

Dalam kesempatan sama, Sungam seorang pedagang ayam potong juga menyampaikan hal sama."Harga ayam potong cukup meningkat dibanding kemarin, hari ini (kemarin) dibanderol Rp 38 ribu, " tuturnya.

Baca juga: MEMALUKAN, Sembako Jatah Rakyat Ditimbun di Kantor BPBD Tebingtinggi Sampai Membusuk tak Dibagikan

Ia mengungkapkan harga daging ayam telah naik beberapa hari sebelumnya, dimana biasanya harga ayam potong Rp 32 ribu dan kini mengalami kenaikan hingga Rp 6.000 per kilogram.

Rudi, pedagang daging menyampaikan hal berbeda. Harga daging cukup stabil yaitu Rp 120 ribu per kilogram.

Melihat harga pangan mulai mengalami kenaikan, pengamat ekonomi Sumut Gunawan Benjamin  menyampaikan agar masyarakat Kota Medan harus pandai menawar harga.

"Menjelang Natal, dari hasil pantauan di lapangan, saya melihat sejumlah komoditas khususnya daging ayam mengalami kenaikan. Harga daging ayam di tingkat pedagang pengecer itu sekitar Rp 37 ribuan, "

Walau demikian, bukan tidak mungkin kenaikan harga di level pedagang pengecer tersebut dikarenakan momen ini menjadi momen yang pas untuk meraup keuntungan berlebih.

Selain daging ayam, harga daging sapi juga mengalami kenaikan, walau pun sejauh ini pantauan saya di tingkat pedagang tradisional tidak lebih dari Rp 130 ribu per Kg. Harga tersebut masih terbilang normal.

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved