Breaking News:

Kanwil DJP Sumut I Raih Penghargaan Laporan Keuangan Terbaik

Laporan Keuangan disusun untuk menyediakan informasi yang relevan mengenai posisi keuangan dan seluruh transaksi yang dilakukan

Penulis: Angel aginta sembiring | Editor: Eti Wahyuni
HO / Tribun Medan
Kanwil DJP Sumut raih penghargaan laporan keuangan terbaik 2021 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Sumatera Utara memberikan penghargaan kepada Kantor Wilayah DJP Sumatera Utara I sebagai peringkat ketiga laporan keuangan tahun 2021 tingkat Unit Akuntansi Pembantu Pengguna Anggaran–Wilayah.

Dua terbaik lainnya diraih Kodam I Bukit Barisan sebagai peringkat pertama dan Badan Narkotika Nasional Sumut sebagai peringkat kedua laporan keuangan tahun 2021 tingkat UAPPA-W.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Plt Kepala Kantor Wilayah  DJPb Sumut Syafriadi kepada Kepala Kanwil DJP Sumut I Eddi Wahyudi dalam kegiatan Rapat Kerja Akuntansi di Aula Rekreasi Gedung Keuangan Negara, Jalan P Diponegoro, Medan.

Dalam sambutannya, Syafriadi menyampaikan bahwa sesuai kerangka koseptual Akuntansi Pemerintahan, Laporan Keuangan disusun untuk menyediakan informasi yang relevan mengenai posisi keuangan dan seluruh transaksi yang dilakukan oleh suatu entitas pelaporan selama satu periode pelaporan.

Baca juga: Kantor Pajak Tingkatkan Kerjasama dengan Perguruan Tinggi

Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) terdiri dari Laporan Keuangan Kementerian Negara/Lembaga (LKKL) dan Laporan Keuangan Bendahara Umum Negara (LKBUN), sehingga kualitas LKPP sangat tergantung dari kualitas kedua laporan tersebut.

“Laporan keuangan yang berkualitas adalah laporan keuangan yang memenuhi empat karakteristik kualitatif, yaitu relevan, andal, dapat dibandingkan, dan dapat dipahami.” kata Syafriadi.

Syafriadi menambahkan, saat ini salah satu aplikasi yang tengah dikembangkan oleh DJPb dalam rangka proses rekonsiliasi data transaksi keuangan dan penyusunan Laporan Keuangan Kementerian Negara/ Lembaga (LKKL) adalah aplikasi e-Rekon&LK.

Dengan adanya aplikasi ini diharapkan mampu menyusun laporan keuangan yang lebih akurat dan andal serta dapat memperbaiki sedini mungkin transaksi-transaksi yang dapat menjadi temuan Badan Pemeriksa Keuangan setiap tahun seperti selisih data persediaan dan revaluasi BMN.

Kegiatan ini diadakan dalam rangka memperkuat sinergi antara DJPb selaku Bendahara Umum Negara dengan seluruh UAPPA-W di Provinsi Sumatera Utara sehingga tercipta hubungan kerja yang efektif dan produktif sekaligus bentuk pembinaan dari Direktorat Jenderal Perbendaharaan dari Kanwil DJPb Provinsi Sumut, terhadap penyusunan Laporan Keuangan Kementerian Negara/ Lembaga tingkat UAPPA-W.

Melalui kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan kualitas kinerja Laporan Keuangan tingkat UAPPA-W dan Kinerja Penyampaian SP3B-BLU.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved