Breaking News:

Paroki Santo Yosef Balige Sambut Perayaan Natal dengan Ornamen Gua Natal

Suatu kekhasan perayaan natal dalam gereja Katolik adalah adanya ornamen Natal, yang kerap disebut gua natal.

Penulis: Maurits Pardosi | Editor: Royandi Hutasoit
MAURITS PARDOSI/TRIBUN MEDAN
Suasana Gereja Katolik Santo Yosef Balige dalam menyambut Natal 2021. 

TRIBUN-MEDAN.com, TOBA -  Suatu kekhasan perayaan natal dalam gereja Katolik adalah adanya ornamen Natal, yang kerap disebut gua natal.

Gua natal tersebut dibentuk dari berbagai bahan bekas berupa plastik, kertas, dan jerami, serta ditambah dengan aneka patung.

Dalam gua yang di dalamnya sebuah kandang memperlihatkan kelahiran Yesus Kristus.

Di Paroki Santo Yosef Balige, terlihat gua natal dipersiapkan baik di gedung gereja maupun di luar gereja.

Pasalnya, tidak semua umat dapat memasuki gereja pada saat perayaan natal, kecuali mereka yang sudah mendapatkan kartu dan diperlengkapi dengan jadwal ibadat.

Terkait persiapan perayaan Natal tersebut, Pastor Paroki Santo Yosef Balige Monaldus Banjarnahor telah mempersiapkan beragam ornament, gua, dan pembersihan gereja selama sepekan sebelum perayaan Malam Natal yang jatuh pada Jumat (24/12/2021).

“Pengurus gereja bersama dengan umat sudah mengerjakannya selama seminggu sebelum perayaan malam Natal. Kita sudah buat berbagai ornamen, gua Natal. Termasuk juga pembersihan gereja,” ujar Monaldus Banjarnahor saat disambangi tribun-medan.com pada Kamis (23/12/2021) di Gereja Katolik Santo Yosef Balige.

“Hingga sore ini, para pengurus gereja juga masih datang untuk persiapan terakhir. Esok harim kita sudah tenang mempersiapkan diri pada perayaan malam natal,” sambungnya.

Karena masa pandemi Covid-19, ia menyampaikan bahwa jadwal perayaan malam natal diselenggarakan dua kali; pukul 17.00 WIB dan 19.00 WIB.

Dalam perayaan tersebut, ia menegaskan soal pelaksanaan protokol kesehatan secara ketat.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved