Breaking News:

Tradisi Gondang Naposo, Sudah 25 Tahun Tak Dilaksanakan di Desa Lumban Suhi-suhi Toruan

Gondang Naposo merupakan tradisi leluhur Batak yang menjadi wadah perkenalan bagi pemuda pemudi lewat tarian tor-tor.

Penulis: Arjuna Bakkara | Editor: Ayu Prasandi
TRIBUN MEDAN/ARJUNA BAKKARA
Muda mudi manortor pada perayaan tradisi Gondang Naposo, Minggu (19/12/2021) kemarin di Desa Lumban Suhi Suhi Toruan, Pangururan, Samosir.  

TRIBUN-MEDAN.COM, SAMOSIR- Angin pantai Lumban Manik yang dingin tak menyurutkan semangat puluhan pemuda pemudi Desa Lumban Suhi Suhi Toruan, Pangururan, Samosir untuk menari tor-tor.

Hentakan musik taganing dan alunan  sarune bersahut-sahutan mengiringi gerakan mereka dalam perayaan Tradisi Gondang Naposo, Minggu (19/12/2021) kemarin. 

"Terakhir kali Gondang Naposo diadakan di Desa Lumban Suhi Suhi Toruan sekitar 25 tahun yang lalu.

Kami bangga dan terharu bisa mengadakannya kembali tahun ini" ucap Kardo Sitohang, Ketua Karang Taruna Desa Lumban Suhi Suhi Toruan.

Gondang Naposo merupakan tradisi leluhur Batak yang menjadi wadah perkenalan bagi pemuda pemudi lewat tarian tor-tor.

Pemuda pemudi akan saling mengajak untuk menari berpasangan dengan penuh canda tawa.

Tradisi juga berisi nasehat dan doa dari para orang tua agar para anak muda ini mendapat jodoh terbaik di kemudian hari. Para orang tua dan kaum muda mudi pun akan menari bersama sama. 

Baca juga: Mengenal Gondang Naposo yang Sudah 25 Tahun Tak Dilaksanakan di Lumban Suhi-suhi Toruan

"Senang sekali acara ini bisa terlaksana dengan sukses. Dihadiri oleh pemerintah Kabupaten, Kecamatan serta muda mudi desa desa lain di Kabupaten Samosir.

Harapan kami, event ini bisa diadakan setiap tahun sekaligus menjadi daya tarik wisata desa. Dan semoga ada yang berjodoh lewat event ini." ujar Raja Sondang Simarmata, Kepala Desa Lumban Suhi Suhi Toruan. 

Acara yang berlangsung selama 2 hari ini dihadiri oleh sekitar 1000-1500 orang yang berasal dari seluruh Samosir.

Penampilan Dadakan Tongam Sirait menambah kehangatan Acara ini, Sembari mengingatkan kepada masyarakat tentang Marsiadapari yang lama juga ditinggalkan dibeberapa tempat ditanah Batak Tongam Sirait juga sangat mengapresiasi Acara Gondang Naposo ini dan berharap event ini terus dilakukan setiap tahunnya.

Kegiatan ini makin semarak dengan hadirnya para musisi dan komunitas di Kabupaten Samosir seperti Samosir Kreatif, CressDim dan AUXSURA dan performance Tor-Tor Kreasi yang ada di Kabupaten Samosir.

(Jun-tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved