Breaking News:

Vaksinasi

Anak di Lima Daerah Ini Paling Banyak Menerima Suntikan Vaksin Covid-19

Dinkes Sumut mengklaim sudah menyuntik vaksin 20.043 yang merupakan pelajar di Sumut. Mereka yang divaksin itu berusia 6 sampai 11 tahun

Penulis: Mustaqim Indra Jaya | Editor: Array A Argus
TRIBUN MEDAN/RECHTIN HANI RITONGA
Pelajar mengikuti vaksinasi di SMP Negeri 23 Medan, Kamis (16/9/2021). Wali Kota Medan Bobby Nasution mengklaim vaksinasi pelajar di Kota Medan telah mencapai 90 persen lebih. 

TRIBUN-MEDAN.COM,MEDAN - Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumatra Utara mencatat hingga saat ini sudah 20.043 anak usia 6-11 tahun yang telah mendapatkan dosis pertama vaksin Covid-19.

Sebelumnya, pada beberapa hari lalu ada sembilan kabupaten/kota di Sumut yang telah melaunching untuk bisa melaksanakan vaksinasi anak.

Diketahui sembilan daerah tersebut, yakni Dairi, Humbang Hasundutan, Pakpak Bharat, Tapanuli Utara, Toba, Samosir, Kota Pematangsiantar dan Sibolga. 

Baca juga: SETELAH Rapat Bersama Presiden, Bupati Langkat Targetkan 70 Persen Vaksinasi Covid-19

"Sudah dimulai dari beberapa hari yang lalu. Untuk capaiannya baru 1,2 persen atau 20.043 anak yang telah divaksin," ungkap Kepala Dinkes Sumut, Ismail Lubis, Jumat (24/12/2021).

Ismail mengatakan bahwa vaksin Covid-19 yang disuntikkan untuk anak adalah jenis Sinovac.

Namun, hingga kini pihaknya belum menerima vaksin untuk anak dari Kementerian Kesehatan.

"Karena itu vaksinasi dilakukan menggunakan stok vaksin Sinovac yang masih tersedia. Untuk dosis keduanya nanti 28 hari setelah penyuntikan pertama," ujarnya.

Menurut Ismail, antusias orang tua sangat tinggi, begitu vaksinasi anak sudah diperbolehkan untuk sembilan daerah di Sumut.

Baca juga: Vaksinasi Keliling dan Salurkan Donasi, Grab Kolaborasi dengan Pemerintah dan TP PKK Sumut

"Kalau kita lihat seperti di Humbahas, Taput dan Siantar, itu sangat antusias," sebut Ismail.

Disebutkan Ismail, di Sumut secara keseluruhan ada 1.636.233 orang anak usia 6-11 tahun yang bakal mendapatkan suntikan vaksin Covid-19.

Dari total jumlah tersebut, adapun anak yang berdomisili di Medan, Deliserdang, Simalungin, Langkat dan Asahan yang tercatat banyak menerima vaksin.

Sedangkan untuk Pakpak Bharat, Sibolga, Nias Barat, Samosir dan Gunungsitoli menjadi daerah yang jumlah anaknya paling sedikit.

Baca juga: Vaksinasi Pelajar Capai 90 Persen, Bobby Nasution Cegah Sekolah di Medan Jadi Cluster

Demi menyuksuskan vaksinasi anak, pihaknya pun kini sedang mempersiapkan vaksinator khusus anak. Lantaran, skrining anak berbeda dengan orang dewasa saat akan divaksin.

Selain juga, pihaknya terus melakukan sosialisasi terhadap masyarakat, khususnya para orang tua agar anak berusia enam sampai 11 tahun segera melaksanakan vaksinasi Covid-19.

"Kita terus sosialisasikan agar anak terlindungi, apalagi saat ini ada jenis Covid-19 varian baru Omicron dapat berkembang kepada orang yang belum vaksinasi," pungkasnya.(ind/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved