Breaking News:

Suara Ragusta, Radio Khusus Para Napi di Rutan Tanjung Gusta Medan

Suara Ragusta merupakan radio penyuluhan, hiburan juga pemberi informasi terkini bagi ribuan warga binaan.

TRIBUN MEDAN/GITA    
Ahmad yang merupakan Narapidana yang kini menjadi penyiar radio khusus rutan bernama Suara Ragusta. Ragusta merupakan radio penyuluhan sekaligus menghibur dan memberikan informasi terkini bagi seluruh warga binaan.   

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN- Rumah Tananan (Rutan) tempat para Narapidana (Napi) menjalani masa tananan maupun hukuman, tidak melulu bercerita soal kejahatan ataupun tindak pidana.

Namun, perlu diketahui Rutan juga diisi dengan berbagai kegiatan hiburan yang menunjang kreatifitas para warga binaan selama menjalani masa pidananya.

Seperti Rutan Kelas I Tanjung Gusta Medan, yang sudah mengaktifkan radio khusus rutan bernama Suara Ragusta.

Suara Ragusta merupakan radio penyuluhan, hiburan juga pemberi informasi terkini bagi ribuan warga binaan.

Ahmad, salah seorang Napi yang menjadi penyiar radio khusus rutan mengaku senang, bisa difasilitasi oleh Rutan menjadi penyiar radio. 

Ia sendiri sudah aktif menjadi penyiar radio rutan sejak dibentuk tahun 2009 hingga sekarang.

"Kebetulan saya dulu diluar juga seorang penyiar radio, jadi saya senang bisa difasilitasi di rutan ini," katanya saat disambangi tribunmedan.com di Rutan Tanjung Gusta Medan, Sabtu (25/12/2021).

Pantauan www.tribunmedan.com, ruangan untuk radio tersebut sama persis seperti studio penyiaran pada umumnya, dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti laptop dan alat penyiar lainnya.

Baca juga: Libur Hari Natal, Wisatawan di Berastagi Alami Peningkatan dan Terjadi Perlambatan Laju

Ahmad menjelaskan, Ragusta bukan sekadar radio hiburan semata, tapi juga penyuluhan. Setiap hari Ahmad bersama beberapa Napi lainnya memberikan penyuluhan rohani, informasu masalah hukum, kesehatan dan lainnya kepada warga binaan.

"Kita koordinasikan berbagai informasi ke warga binaan mulai dari informasi rohani, karena kan yang perlu di sini pembinaan, ada juga program pembekalan informasi bisnis, berbagi tips mandiri ketika nanti sudah bebas dan lainnya," ujarnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved