Antre di Pelabuhan Ajibata Ramai Lancar, Waktu Tunggu 1,5 Jam

Belasan ribu orang telah masuk Pulau Samosir pada momen Hari Natal 2021.

Penulis: Alija Magribi | Editor: Liston Damanik
HO
KMP Kaldera Toba akan menggantikan KMP Ihan Batak yang sebelumnya melayani penyeberangan dari Pelabuhan Ajibata ke Pelabuhan Ambarita atau sebaliknya.(HO) 

TRIBUN-MEDAN.com, SIMALUNGUN - Belasan ribu orang telah masuk Pulau Samosir pada momen Hari Natal 2021.

Jumlah ini merupakan data yang dimiliki Satuan Pelabuhan Ajibata, Kementerian Perhubungan RI, Kabupaten Toba, Minggu (26/12/2021) siang.

Koordinator Satuan Pelayanan Pelabuhan Ajibata, Rijaya Simarmata mengatakan, aktivitas penyeberangan saat ini cukup lancar dengan rata-rata waktu tunggu penyeberangan 1,5 jam. 

Rijaya menunjukkan data yang dimiliki Satpel Ajibata sejak 17 Desember 2021 hingga 25 Desember 2021 kemarin, bahwa kapal dari Ajibata milik ASDP pada periode tersebut telah mengangkut 11.072 penumpang. Pada periode yang sama, kapal milik swasta dari Ajibata mengangkut 6.761 penumpang.

Sementara itu, kapal tujuan Ambarita dan sebaliknya mengangkut 7.902 penumpang. Kemudian kapal tujuan Tomok dan sebaliknya mengangkut 5.792 penumpang.

"Jadi Ajibata Swasta itu adalah Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Tao Toba. Kemudian Ajibata ASDP itu ada dua kapal yaitu KMP Ihan Batak dan KMP Pora-pora," kata Rijaya.

Berdasarkan angkutan yang menyeberang ke Samosir, ujar Rijaya, Ajibata ASDP mengangkut 2.214 kendaraan roda empat atau lebih dan 82 sepeda motor roda dua dan tiga. Kemudian Ajibata Swasta mengangkut 1.564 roda empat atau lebih dan mengangkut 68 sepeda motor roda dua dan tiga.

Adapun angkutan menuju Ambarita dan sebaliknya mengangkut 1.619 roda empat atau lebih dan 103 roda dua atau tiga. Terakhir Kapal menuju Tomok dan sebaliknya mengangkut 1.306 roda empat atau lebih dan mengangkut 97 sepeda motor roda dua atau tiga.

Warga yang ingin menyeberang ke Pulau Samosir hanya bagi yang telah divaksinasi.

Kemenhub bersama dinas kesehatan kabupaten masing-masing juga mendirikan posko untuk mengecek status vaksin penumpang.

"Ada posko untuk pemeriksaan penumpang melalui aplikasi pedulilindungi. Posko ini di Ajibata ada, dan di Ambarita (Samosir) juga ada," katanya. (alj/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved