Breaking News:

Covid Varian Omicron Sudah Masuk Sumut, Pasien Terkena Virus Saat Bepergian ke Luar Sumut

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara Ismail Lubis mengaku sudah mengetahui kabar tersebut.

Penulis: Anisa Rahmadani | Editor: Royandi Hutasoit
Justin TALLIS /AFP via tribunnews
Ilustrasi Omicron 

TRIBUN-MEDAN.COM,MEDAN - Pria asal Medan menjalani isolasi di Rumah Sakit  Penyakit Infeksi ( RSPI) Prof. Dr. Sulianti Saroso  di Jakarta karena dinyatakan terpapar virus Corona varian Omicron.

Menurut kabar yang beredar, pria tersebut saat ini di diagnosa oleh dokter tidak mengalami gejala apapun, namun tindakan isolasi itu dilakukan untuk mencegah penyebaran.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara Ismail Lubis mengaku sudah mengetahui kabar tersebut.

"Baik, betul ada masyarakat kita yang sedang diisolasi di Jakarta karena terkonfirmasi terkena virus corona varian omicron," ucapnya, Selasa (28/12/2021).

Menurut Ismail pasien asal Medan tersebut terkena virus corona dari transmisi lokal saat bepergian ke luar provinsi Sumut.

"Sejauh ini kita sudah lakukan tracing kepada orang-orang yang sempat kontak erat dengan pasien," tuturnya.

Menurut Ismail pihaknya mendapat kabar ada dua warga Sumut yang ke Jakarta. Namun satu  diantara dua orang tersebut dinyatakan negatif.

"Kita dapat kabar sebenarnya ini dua warga Sumut yang ke Jakarta. Begitu pulang dari Jakarta dilakukan tes PCR  positif dan satu lagi tidak. Dia pulang ke rumahnya di Medan. Tapi dia negatif," tururnya.

Mengetahui adanya warga Sumut yang terpapar virus varian baru, sejauh ini pihaknya terus melakukan tracing dan mengirim sampel ke laboratarium pusat 

"Nanti kita akan lakukan pemeriksaan PCR kembali dan jika hasil tracing ditemukan positif Omicron maka akan dilakukan karantina. Lima hari setelah  itu akan dilakukan tes kembali.  Dan hasil dari pemeriksaan akan dikirim ke Litbangkes," tuturnya. 

Ismail juga menghimbau kepada masyarakat Sumut agar tetap mematuhi protokol kesehatan.

"Untuk Sumut sendiri sejauh ini belum ada yang terpapar varian baru virus COVID-19. Namun kita harus tetap hati-hati dan waspada. Makanya protokol kesehatan di jaga ketat dan tetap terapkan 3M. memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak," tukasnya.

(cr5/tribun-medan)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved