Breaking News:

Diprediksi Membaik, UMKM Butuh Dukungan Modal dari Pemerintah

Sekarang mengurus izin usaha lebih mudah dan juga gratis, kita harap UMKM dapat lebih memanfaatkan ini untuk dapat bangkit di tahun mendatang

Penulis: Kartika Sari | Editor: Eti Wahyuni
TRIBUN MEDAN/ANGEL AGINTA
Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Medan, Kahiyang Ayu ketika melihat souvenir Sabina Collection pada peresmikan Pojok UMKM di Hotel Grand Mercure Medan Angkasa, Kamis (11/11/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Jelang penghujung tahun, pelaku UMKM kini sedang berbenah untuk dapat bangkit kembali menjalankan usaha.

Ketua Asosiasi UMKM Sumut, Ujiana Sianturi mengungkapkan bahwa hal yang dibutuhkan saat ini yakni bantuan permodalan bagi para pelaku UMKM.

"UMKM saat ini sedang berbenah untuk bangkit namun yang paling dibutuhkan itu bantuan permodalan. Dua tahun terdampak pandemi tentu untuk bangkit tidak semudah membalikkan telapak tangan, perlu waktu juga untuk itu," ungkap Ujiana kepada Tribun Medan, Rabu (29/12).

Sementara itu, Ujiana juga turut menyambut baik adanya restrukturisasi kredit terlebih untuk para UMKM. Namun ternyata, fakta di lapangan menunjukkan masih banyak para pelaku UMKM yang kesulitan untuk mendapatkan kemudian seperti pinjaman KUR.

"Restrukturisasi ini bagus ya, tapi persyaratan yang diberikan masih berat bagi para UMKM. Mungkin perbankan akan melaporkan jika bisa menyalurkan KUR sekian orang, namun kan kalau hanya diberikan maksimal hanya Rp 5 juta tentu tidak akan maksimal, kita harap juga ada sinergitas lebih baik lagi dari pihak bank untuk turut membantu pemulihan," ujarnya.

Baca juga: Berharap UMKM Naik Kelas, Alfamidi Buka Peluang Promosi Produk

Kemudian, Ujiana juga turut mengatakan jika beberapa dari para pelaku UMKM di Sumut sendiri saat ini masih belum dapat mengelola manajemen keuangan dengan efektif untuk peningkatan pendapatan.

"Kemudian biasanya kelemahan dari UMKM kita ini dari segi manajemen keuangannya. Ketika ada bantuan pinjaman tidak untuk modal tapi justru membayar kredit sepeda motor misalnya. Sebenarnya tidak salah juga karena kan sepeda motor juga turut membantu kan. Tapi kita harap agar UMKM ini dapat lebih mengatur manajemen keuangan terlebih di masa pandemi seperti ini," kata Ujiana.

Di sisi lain, Ujiana mengakui saat ini untuk pengurusan izin usaha lebih dipermudah oleh pemerintah seperti POM, izin usaha yang dapat diurus secara gratis sehingga membantu para UMKM lebih dapat menjalankan usaha lebih profesional.

"Sekarang mengurus izin usaha lebih mudah dan juga gratis, kita harap UMKM dapat lebih memanfaatkan ini untuk dapat bangkit di tahun mendatang," pungkasnya.

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved