Breaking News:

Tips Dapur Cerdas

Cara Membersihkan Sisa Minyak di Kompor Barbeque, Bisa Pakai Bawang hingga Bir

Seperti kompor masak pada umumnya, untuk membersihkannnya perlu sabun khusus agar kompor kembali bersih tanpa membuat lapisan kompor rusak.

Dok. Pexels/ Liliana Drew
Ilustrasi membersihkan kompor 

TRIBUN-MEDAN.com - Salah satu penyebab kompor menjadi kotor setelah digunakan untuk barbeque yaitu karena adanya tumpukan minyak yang digunakan saat memasak.

Seperti kompor masak pada umumnya, untuk membersihkannnya perlu sabun khusus agar kompor kembali bersih tanpa membuat lapisan kompor rusak.

Namun, jika kamu tidak punya sabun khusus pembersih kompor, kamu bisa menggunakan beberapa cara dari Nbc News berikut untuk membersihkan tumpukan minyak bekas barbeque:

1. Gunakan bir

Bir dapat digunakan untuk membersihkan sisa minyak pada kompor barbeque. Caranya hangatkan kompor terlebih dahulu, kemudian semprotkan bir ke bagian yang kotor karena minyak.

Bir dapat menghilangkan minyak yang menempel secara cepat setelah digosok menggunakan sikat pembersih.

 

2. Gunakan larutan cuka

 

Cuka dapat membantu menghilangkan kotoran di permukaan kompor. Caranya campurkan dua cangkir air dan dua cangkir cuka ke dalam botol semprot.

Semprotkan campuran cuka ke atas permukaan kompor atau panggangan, biarkan selama 10 menit. Kemudian sikat atau lap kompor yang kotor hingga permukaan kompor kembali bersih.

3. Gunakan bawang

 

Selain bisa membersihkan kerak di panggangan, bawang juga dapat digunakan untuk membersihkan sisa minyak yang menempel di atas kompor barbeque.

Caranya, potong bawang menjaadi dua bagian, kemudian gosok permukaan kompor yang terkena minyak menggunakan potongan bawang.

Kamu dapat memanfaatkan garpu panggangan untuk membantu menggosok bawang pada kompor.

Enzim yang terkandung dalam bawang dapat membantu memecah minyak dan lemak yang menempel pada kompor.

(*/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved