Breaking News:

Kembangkan Wisata Tangkahan dan Bukit Lawang, Wagub Ijeck Minta Pemkab Langkat Lakukan Ini

Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah meminta Pemkab Langkat melakukan serangkaian rencana membangun Tangkahan dan Bukit Lawang

Penulis: Mustaqim Indra Jaya | Editor: Array A Argus
TRIBUN-MEDAN.COM/SATIA
Pemandian Alam Bukit Lawang, di Kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat. 

TRIBUN-MEDAN.COM,MEDAN - Wakil Gubernur (Wagub) Sumatra Utara, Musa Rajekshah mengingatkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Langkat serta instansi terkait agar dalam pengembangan wisata Tangkahan dan Bukit Lawang harus berbasis masyarakat.

Menurut pria yang biasa disapa Ijeck itu, tanpa melibatkan masyarakat, maka tidak mungkin pariwisata di suatu daerah dapat berjalan secara berkelanjutan.

"Setelah berkunjung ke Jogja, kita sudah melihat memang daerah pariwisata akan semakin baik dan terjaga atau berkesinambungan bila ada keterlibatan masyarakat secara langsung. Tidak hanya semata-mata terlihat dalam pembangunan fisik saja tapi juga mereka jadi pelakunya," kata Ijeck, Selasa (4/1/2022).

Baca juga: Listrik Sering Padam di Ecowisata Tangkahan, Warga: Kata Petugas PLN Kami Disini Ilegal

Lebih lanjut Ijeck menambahkan, pelibatan masyarakat melalui pemberdayaan dalam berbagai kegiatan pariwisata, agar masyarakat bisa merasakan langsung manfaat daerahnya menjadi tempat wisata.

Contohnya di Yogyakarta, adanya pendirian Balai Ekonomi Desa (Balkondes) yang dikelola langsung oleh masyarakat.

"Dari kunjungan kemarin ke Jogja kita sudah melihat bagaimana kementerian terkait terlibat dalam pendampingan masyarakat melalui Balkondes.

Pendampingan secara langsung dilakukan, bagaimana UMKM didorong, wisata diciptakan dan berhasil. Hal baik ini kita mau dorong bisa dilakukan juga di sini," ujar Ijeck.

Sementara dalam rapat yang berlangsung Senin (3/1/2022) kemarin, Kepala Bappeda Langkat Rina W Marpaung menyampaikan, bahwa pihaknya telah melakukan pertemuan dengan tujuh desa pariwisata terkaiy pengembangan Tangkahan dan Bukit Lawan.

Baca juga: Akses Jalan Menuju Lokasi Ecowisata Tangkahan, Hancur Lebur

Ketujuh desa yang dilibatkan yakni empat berada di Kecamatan Bahorok dan tiga di Kecamatan Batang Serangan.

"Hari Kamis, Pak Bupati sudah lakukan rapat khusus terkait perencanaan dan penetapan yang akan kami laksanakan di Kecamatan Bahorok yakni di Desa Timbang Jaya, Desa Sampe Raya, Desa Timbang Lawan dan Desa Perkebunan Bukitlawang.

Halaman
123
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved