Breaking News:

300 Orang Pengungsi Banjir di Padang Lawas Kesulitan Air Minum dan Lauk Pauk hingga Pakaian Dalam

Ummi menyampaikan, sejauh ini pihaknya telah menyediakan tenaga medis diperbantukan para relawan yang mulai berdatangan.

Penulis: Anugrah Nasution | Editor: Royandi Hutasoit
HO / Tribun Medan
Para korban banjir yang berada di posko pengungsi usai banjir bandang yang terjadi di Kabupaten Padang Lawas. 

TRIBUN MEDAN.com, PADANG LAWAS -  Lima hari sudah 300 pengungsi banjir di Kabupaten Padang Lawas hidup di posko pengungsian.

Para pengungsi mengaku membutuhkan pasokan  air minum, lauk pauk hingga pakaian dalam. 

"Yang sangat dibutuhkan pengungsi saat ini air minum, lauk pauk, sayur dan pakaian dalam dan pembalut wanita. Itu yang sangat diperlukan dan kita masih kekurangan," ujar Kepala Dinas Sosial Padang Lawas, Achmad Fauzan Nasution kepada Tribun Medan, Rabu (5/1/2022).

Saat ini, sebanyak 8 tenda posko pengungsi telah disediakan di 5 desa di Kecamatan Batang Lubu Sutam. Saat ini bantuan juga mulai banyak berdatangan kata Fauzan.

Namun bantuan itu masih terbatas untuk mencukupi 2800 warga yang secara keseluruhan terdampak banjir. 

"Setiap hari kita siapakan 2800 bungkus makan untuk warga terdampak dan masih aman sampai hatri ini. Namun Air untuk minum, pempres dan pakaian dalam sangat terbatas dan itu yang sangat diperlukan warga saat ini. Untuk beras, dan pakaian bekas sudah mencukupi untuk saat ini, " ujarnya. 

Meski sebagian warga telah kembali ke rumah, namun 271 warga yang rumahnya mengalami kerusakan berat masih akan berada di posko sampai waktu yang belum ditentukan. 

Suten , salah warga disana mengatakan anak anaknya perlu pakaian dalam dan pampres.  Selain itu, dia menyebut membutuhkan selimut dan obat obatan. 

"Kebutuhan anak kita sangat perlu, kaya minyak telon, pempres dan selimut karena kan kalau malam dingin juga," kata dia. 

Selain itu banyak para pengungsi disana mulai terkena berbagai penyakit.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved