Breaking News:

Rumah Quran Salsabil Sinaa di Lubukpakam Diresmikan

Pada tahap berikutnya, Rumah Quran Salsabil Sinaa juga mengajak para orangtua untuk ikut bersama-sama belajar membaca dan memahami Al Quran

Editor: Eti Wahyuni
Tribun Medan/HO
Bangunan Rumah Tahfidz Salsabil Sinaa yang terletak di Lubukpakam, baru saja diresmikan. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Pembina Yayasan Salsabil Sinaa, Choking Susilo Sakeh, didampingi Ketua dan Wakil Ketua Yayasan, Hj Syarifah Hayati Sakeh dan H Syamsir Angkat, meresmikan pemakaian gedung Rumah Tahfizd Quran di Jalan Bakaran Batu Lubukpakam, Dusun Manggis Desa Tumpatan, Kecamatan Beringin, Deliserdang, Selasa (4/1/2022).

Dalam acara sederhana yang turut dihadiri seratusan masyarakat setempat, Choking Susilo Sakeh mengatakan, Yayasan Salsabil Sinaa didirikan beberapa anak dan cucu almarhum Sakeh Satyadharma, yang merupakan bagian dari upaya untuk ikut berperan di dalam membentuk generasi Islam yang beriman melalui pendirian Rumah Tahfidz Quran bagi anak-anak berusia 6-12 tahun secara gratis.

“Pada tahap berikutnya, Rumah Quran Salsabil Sinaa juga mengajak para orangtua untuk ikut bersama-sama belajar membaca dan memahami Al Quran,” ujar Choking.

Sementara itu, Ketua Yayasan Salsabil Sinaa, Hj Syarifah Hayati Sakeh, menjelaskan, tanah seluas 1.965 m2 yang terletak di belakang Perumahan BTN Lubukpakam ini, dimilikinya sejak belasan tahun lalu, namun selama ini terlantar.

Baca juga: Gramedia Salurkan 1.000 Al Quran ke Rumah Tahfidz di Sumatera Utara

Hingga timbul niat keluarga untuk mewakafkannya sebagai Rumah Tahfidz Quran. Di lokasinya ini direncanakan akan didirikan bangunan permanen dua tingkat terdiri dari 8 ruang belajar, toilet, dan kantor.

Selain itu, akan didirikan sebuah musala dan rumah tempat tinggal tenaga pengajar. Namun saat ini baru bangunan satu lantai saja yang rampung, terdiri dari satu ruang belajar dan toilet, sedangkan dua ruang belajar lainnya masih dalam tahap penyelesaian.

“Biaya pembangunan seluruhnya berasal dari keluarga dan sahabat para dermawan. Tentunya, kami sangat berharap uluran tangan dari para dermawan, untuk rampungnya bangunan Rumah Quran ini,” jelas Hj Syarifah.

Rumah Tahfidz Quran Salsabil Sinaa ditanggungjawabi oleh Ustadz M Furqon, SPdI, ME, beserta isterinya dr Deshinta NS Angkat, dan dibantu oleh beberapa tenaga pengajar muda berpendidikan S1 Agama Islam.

Menurut M Furqon, upaya mendidik anak-anak sejak dini untuk bisa membaca dan memahami Al Quran melalui Rumah Tahfizd Quran, menjadi sangat penting mengingat beratnya tantangan yang dihadapi anak-anak pada era teknologi komunikasi, yang banyak dimanfaatkan secara tidak benar.

 “Padahal Al Quran itu adalah sumber utama dan pertama Agama Islam. Bagaimana kelak generasi Islam mendatang, jika mereka tidak bisa membaca dan memahami Al Quran,” ujar Ustadz Furqon.

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved