Breaking News:

TERKAIT Penularan Virus Corona Omicron di Sumut, Ini Jawaban Pasti dari Kadis Kesehatan Ismail

Ismail menyebutkan, sampai saat ini tercatat masih satu orang warga Medan yang terpapar varian Omicron.

Tribun Medan/Rechtin
ILUSTRASI - Temuan transmisi lokal virus corona varian Omicron, Wali Kota Medan Bobby Nasution menjelaskan bahwa warga asal Medan tersebut dinyatakan negatif berdasarkan hasil tes. 

Kadiskes Ismail Pastikan Belum Ada Penularan Varian Omicron Transmisi Lokal di Sumut, Kasus Covid-19 Masih Melandai

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Sumatra Utara, Ismail Lubis memastikan hingga kini belum ada ditemukan penularan varian Omicron transmisi lokal di Sumut.

Ismail menyebutkan, sampai saat ini tercata masih satu orang warga Medan yang terpapar varian Omicron. Namun, warga tersebut tertular saat berkunjung ke Jakarta.

Itu pun, sambungnya, kondisi pasien tersebut berdasarkan informasi yang ia terima telah negatif pascamenjalani perawatan.

"Belum ada, tidak ada di Sumut," ucap Ismail yang dikonfirmasi Rabu (5/1/2022).

Untuk mengantisipasi kemungkinan adanya varian Omicron, pihaknya akan mengirimkan sampel setiap pasien positif Covid-19 ke Balitbang Kesehatan di Jakarta.

Bahkan, Dinkes Sumut pun telah menyurati seluruh dinkes kabupaten/kota agar setiap pasien positif Covid-19, sampelnya dikirim ke Balitbang Kesehatan.

Tujuannya untuk mengetahui pasti, ada atau tidaknya pasien yang terpapar varian Omicron.

"Kita kirim surat ke kabupaten/kota, kalau ada pasien positif, kita harapkan dinas terkait mengirimkan sampel pasien ke Balitbang Kesehatan," ujarnya.

Sementara terkait data Covid-19 di Sumut dalam sepekan terkahir, ungkap Ismail, masih menunjukkan kondisi melandai.

Bahkan, kondisi bed occupancy rate (BOR) Rumah Sakit di Sumut per 4 Januari 2022 jumlahnya nol.

Begitu juga dengan pertambahan kasus per tanggal 4 Januari 2022, tercatat tidak ditemukan sama sekali adanya pasien Covid-19.

"Angka kasus kita nol, data kemarin ya. BOR kita pun nol. Insya Allah kita berikhtiar, kita berdoa perkembangan di Covid-19 di Sumut tetap melandai," sebut mantan Kadiskes Mandailingnatal itu.

(ind/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved