Breaking News:

Vaksinasi

73.293 Anak Usia 6-11 Tahun di Sergai Jadi Target Vaksinasi, Kapolda Sumut: Jangan Buat Anak Takut

Kapolda Sumut, Irjend RZ Panca Putra menemui sejumlah siswa SD yang hendak melaksanakan vaksinasi di sekolah Yayasan Perguruan RA Kartini

Penulis: Muhammad Anil Rasyid | Editor: Array A Argus
HO
Kapolda Sumut, Irjen Pol RZ Putra Panca Simanjuntak, menyambangi sekolah Yayasan Perguruan RA.Kartini di Jalan Stasiun, Kecamatan Sei Rampah, Serdangbedagai (Sergai), Sumatera Utara, Kamis (6/1/2022). 

TRIBUN-MEDAN.COM,SERGAI - Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol RZ Putra Panca Simanjuntak menyambangi sekolah Yayasan Perguruan RA Kartini di Jalan Stasiun, Kecamatan Sei Rampah, Serdangbedagai (Sergai), Sumatera Utara.

Kedatangan Kapolda Sumut ini untuk melihat langsung Vaksinasi Merdeka anak berusia 6-11 tahun, Kamis (6/1/2022). 

Kedatangan Panca disambut Bupati Sergai Darma Wijaya, Wakil Bupati Adlin Umar Yusri Tambunan, serta pejabat pemerintah kabupaten lainnya. 

"Saya sudah mendengarkan zoom langsung dari masing-masing camat, didampingi bapak dan wakil bupati untuk melihat vaksinasi anak 6-11 tahun. Serdangbedagai sasarannya 73.293 dengan 500 sekolah," ujar Panca. 

Baca juga: MEDAN Naik Status PPKM Level 2, Wali Kota Bobby Nasution Akui Vaksinasi Lansia Masih Rendah

Lanjut Panca, ia sudah bicara dengan Bupati Sergai dan Wakil Bupati, serta Kepala Dinas Kesehatan Sergai, agar 14 hari ke depan proses vaksinasi dimanajemen agar vaksinasi 6-11 tahun ini bisa mencapai 100 persen. 

"Kenapa kita dorong, karena anak-anak ini yang rentan terkonfirmasi Covid-19. Kalau tidak kita jaga kesehatannya, apalagi sekarang sudah sekolah tatap muka," ujar Panca. 

Apalagi, menurut Panca, Sumatera Utara akan melakukan vaksinasi dosis ketiga booster bagi masyarakat.

"Kalau vaksinasi anak berusia 6-11 tahun ini tidak diselesaikan, kita akan disibukkan dengan pekerjaan-pekerjaan yang akan bertumpuk. Maka dalam dua minggu harus sudah tercapai," ujar Panca. 

Sementara itu, jenis vaksin yang digunakan sama dengan yang diberikan dengan masyarakat umum.

Baca juga: UNIK ! Begini Cara Brigadir Miswandi Agar Warga Mau Ikut Vaksinasi, Rela Jaga Jemuran Gabah

Namun demikian, tambah kapolda Sumut ini, pengelolaan kepada anak berusia 6-11 tahun ini harus di tangani tidak seperti masyarakat umum, mudahnya karena di sekolah. 

"Kesulitannya adalah, memberi pemahaman kepada anak-anak supaya tidak takut. Jangan dibuat takut anak-anak, itu teknik yang harus dijalankan, dan saya sudah melihat sendiri bagaimana pendekatan yang diberikan kepada anak-anak, sehingga mereka tidak stres atau menjadi traumatik sendiri karena vaksin," ujar Panca. 

"Imbaun kepada seluruh masyarakat yang memiliki anak berusia 6-11 tahun, ayo kita sukseskan vaksinasi anak di Sumatera Utara ini. Dan tidak hanya di Serdangbedagai, tapi di semua wilayah di Sumut," sambungnya. 

Baca juga: KAPOLDA Panca Simanjuntak Cek Vaksinasi Merdeka Anak, Sebut Target 1,6 Juta Kurun Dua Minggu

Sedangkan itu, Sumatera Utara capaian target vaksinasi anak berusia 6-11 tahun adalah 1.616.923 kurang lebih sasarannya, dan dalam dua minggu mencapai target.

Kepala Dinas Kesehatan Sergai, Selamat Hartono mengatakan, proses vaksinasi akan dilakukan disekolah-sekolah dengan memberikan sosialiasi kepada orangtua siswa-siswi, terhadap efek dan dampak vaksinasi

"Kita buat vaksinasi ini dengan istilah imunisasi merdeka untuk anak. Sejauh ini tidak ada kendala. Jenis vaksinnya kita gunakan Sinovac, dosisnya sama dengan masyarakat pada umumnya," tutup Hartono. (cr23/tribun-medan.com) 

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved