Breaking News:

Tandatangani MoU, Gubsu Edy Rahmayadi Siap Bantu UISU

Gubsu Edy Rahmayadi kembali tegaskan komitmennya di sektor pendidikan dan membantu kembangkan kampus UISU sehingga proses pembelajaran semakin baik.

Editor: Ismail
Tribun Medan/HO
Rektor UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP bersama Gubsu Edy Rahmayadi dan istri serta undangan foto bersama usai peringatan Milad ke-70 UISU di Auditorium UISU Jalan SM Raja Medan, Jumat (7/1). 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Gubernur Sumatera Utara H. Edy Rahmayadi kembali menegaskan komitmennya terhadap sektor pendidikan dan membantu pengembangan kampus UISU sehingga proses pembelajaran di kampus UISU semakin baik. Hal itu ditegaskan Gubernur Sumatera Utara saat memberikan sambutan pada Rapat Senat Terbuka peringatan Milad ke-70 UISU sekaligus pengukuhan Guru Besar Prof. Dr. Umar Zain, DTM&H Sp.PD KPTI di Auditorium UISU Jalan SM Raja Medan, Jumat (7/1). 

Gubsu UISU Milad ke 70
Gubsu Edy Rahmayadi saat memberikan kata sambutan pada Rapat Senat Terbuka peringatan Milad ke-70 UISU di Auditorium UISU Jalan SM Raja Medan, Jumat (7/1).

Kegiatan itu dilanjutkan dengan penandatangan perjanjian nota kesepahaman bersama antara Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi dengan Rektor UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP. Hadir Ketua Pembina Yayasan UISU, T. Hamdy Oesman Delikhan Al Haj, Ketua Umum Yayasan Prof. Ismet Danial Nasution, drg. Ph.D. Sp. Pros (K), FICD, Ketua Senat Prof. Dr. Djohar Arifin, Sekretaris Kopartais XI Dr. Zulkarnain, dan Kepala LLDikti Wilayah I Prof. Dr. Ibnu Hajar, M.Si secara daring.

Pada kesempatan yang sama, Gubsu yang hadir bersama Istri Hj. Nawal Lubis juga mengingatkan Universitas Islam Sumatera Utara untuk  menyiapkan lulusan sesuai dengan kebutuhan dunia kerja. “Jika tidak, maka akan menambah bengkaknya angka pengangguran,” tegasnya. Dikatakannya, tenaga kerja yang tersedia selama ini tidak sesuai dengan kebutuhan dunia industri. Sebab itu, banyak investor enggan menanamkan modalnya.

Sementara itu, Rektor UISU Dr. Yanhar Djamaluddin, MAP saat menyampaikan pidato menyatakan UISU telah banyak meraih prestasi, inovasi dan kontribusi bagi Provinsi Sumatera Utara. Diantaranya, ambil bagian dalam menyusun naskah Akademik dan Ranperda Penanggulangan dan Pencegahan HIV/AIDS - DPRDSU. 

UISU juga ikut menyusun naskah Akademik dan Ranperda Pengelolaan Keuangan Daerah – DPRDSU, serta menyusun naskah Akademik dan Ranperda RUPM dan Pemberian Insentif – Dinas Penanaman Modal Sumatera Utara.  Pemetaan Kawasan Pemukiman Kumuh di Desa Bandar Rahmat Kec. Tj. Tiram Kab, Batubara. UISU juga membangun Kampung Batik Brandan (Langkat) Dalam Rangka Pemberdayaan Kaum Perempuan, dan Bimtek DPRD Kab/Kota lainnya.

Disamping itu UISU juga turut ambil bagian dalam melaksanakan Program Vaksinasi C-19. Pada sisi lain UISU membuat Penetapan Kabupaten Langkat Sebagai Laboratorium Sosial Kajian Wisata, Religi, Budaya, dan Sejarah. Tidak ketinggalan UISU melakukan Sosialisasi dan Penyuluhan Hukum Tentang Perlindungan Perempuan dan Anak di Kab. Batubara.

Prestasi yang pernah diraih UISU selama ini seperti Anugerah Karya Cipta Dokter Indonesia (AKCDI) PB IDI kepada Dosen FK UISU. Juara II Kategori Kriteria VIII: Pengabdian Kepada Masyarakat, & Juara III Kategori Kriteria IX: Luaran pada ajang Sosialisasi Instrumen Monev dan Pemetaan Mutu Tahun 2020 LLDIKTI Wil. I. Sementara itu dibidang kemahasiswaan UISU menjadi Juara I, II, dan III Kejurnas Pencak Silat Antar Perguruan Tinggi X serta ikut serta pada Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) Kemendikbud 2021.

Lolos ke Tingkat Wilayah Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) Kemendikbud 2021. Sebanyak 80 Mahasiswa UISU berhasil sebagai Penerima KIP Kuliah 2021 Kemendikbud. Sebanyak 3 Tim mahasiswa UISU Mendapat Dana Hibah PKM Kemendikbud. Menerima Hibah Program PKM-KC dan KBMI Kemendikbud 2021. Serta keluar sebagai Juara III News Anchor Widyatama International Championship. Lolos ke Tingkat Nasional Acara National University Debating Championship (NUDC) Tahun 2021. UISU juga memiliki keberuntungan karena Lolos Proposal Hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) Afirmasi 2021 Kemendikbud. Disamping itu UISU memperoleh Anugerah Lencana Karya Tridharma Perguruan Tinggi dari LLDIKTI Wil I kepada Dosen UISU.

Selain itu, ada program Kampus Bersinar. Sistem Informasi Manajemen Aset UISU (SIM ASET). Unit Layanan Terpadu. Tambahan 4 Guru Besar bidang Manajemen, pertanian, linguistik, dan kedokteran serta tambahan 14 Dosen bergelar Doktor Sistem Akuntansi Keuangan UISU (SAKU).

Untuk bidang kerja sama, UISU telah melakukan mendatangan MoU dan MoA seperti Kerja Sama Penelitian Internasional UISU-UiTM Malaysia. Kemudian melakukan 6 Kerja Sama dengan Perguruan Tinggi Luar Negeri, 8 Kerja Sama dengan Perguruan Tinggi Negeri Dalam Negeri, 24 Kerja Sama dengan Perguruan Tinggi Swasta Dalam Negeri, serta 42 Kerja Sama dengan Instansi Pemerintah. UISU juga telah melakukan 5 Kerja Sama dengan BUMN/BUMD, 13 Kerja Sama dengan Dunia Industri dan Dunia Usaha, 7 Kerja Sama dengan Instansi Pendidikan Lainnya, 2 Kerja Sama dengan Organisasi Dalam Negeri, dam 1 Kerja Sama dengan Organisasi Luar Negeri.

Sementara itu, untuk pengembangan institusi, menurut Rektor, UISU merencanakan membuka Program Doktor, Hukum, Manajemen, dan Kajian Bahasa Inggris  Untuk Program Magister yakni Sains Biomedis. Sedangkan Program Sarjana seperti Teknik Kimia, Teknik PWK, Teknik Geologi, dan Teknik Pertambangan. Untuk pengembangan sarana dan prasarana, maka UISU akan  menambah Laboratorium Ilmu Dasar Terpadu di Kampus V, dan Rumah Sakit Pendidikan di Kampus IV. (***)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved